Berita Lampung Terkini
Berita  

Optimalkan Energi Angin, Ilmuwan Kembangkan Listrik “Pohon Angin”

Lampungway.com – Beberapa Ilmuwan Prancis tengah mengembangkan sebuah proyek pembuatan Pohon Listrik yang mampu mengoptimalkan penyerapan energi angin menjadi energi listrik. Proyek ini diberi nama “Pohon Angin/ Udara” yang akan mulai dirilis tahun 2015.
“Ide ini sendiri datang kepada saya ketika berada di lapangan, dan melihat daun bergetar ketika tertiup oleh terpaan angin/ udara,” tutur Jerome Michaud Lariviere, pendiri Paris Start-up yang akan memasarkan pohon Angin ini di 2015.
Dirinya menuturkan, energi yang datang ke suatu tempat harus bisa diserap secara optimal dan diterjemahkan ke dalam watt. Pohon Angin ini, dibuat dengan menggunakan pisau kecil yang berada dibagian atas seperti daun, dan mengolahnya sebagai turbin untuk merubahnya sebagai energi listrik.
Dari hasil penelitian yang berjalan selama tiga tahun ini, tim insinyur telah berhasil mengembangkan prototype 26ft yang saat ini sedang dalam tahap uji coba di Komune Pleumeur Bodou di Brittany di barat laut Prancis. Diharapkan inovasi ini akan bisa digunakan di rumah-rumah di pusat perkotaan.
Rencananya sendiri, pohon ini akan dijual dengan kisaran harga 23.500 euro yang kabarnya bisa menghasilkan listrik dalam jumlah yang besar. Seperti pada turbin angin konvensional, pohon angin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 4,5 mph.
Para insinyur juga berharap bahwa pohon angin ini bisa digunakan untuk mengalirkan listrik di sepanjang kota, sehingga memungkinkan lampu jalan dan membuat stasiun pengisian mobil listrik masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *