Berita Lampung Terkini
Berita  

Inilah Manfaat Petai Untuk Kesehatan Tubuh

Lampungway.com – Inilah Manfaat Petai Untuk Kesehatan Tubuh. Pasti semua orang sudah tau dong, makanan yang memiliki bau yang begitu khas ini seingkali di konsumsi sebagai lalapan serta sebagai tambahan penyedap seprti campuran nasi goreng, campuran sayur lodeh, campuran sambal kentang dll.
peteNamun siapa yang menyangka ternyata pete juga sangat bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki banyak kandungan gizi. Menurut penelitian pete memiliki dua kali karbohidrat serta protein empat kali lebih tinggi dibandingkan buah apel.
Tak hanya itu pete juga memiliki kandungan serat yang tinggi jika dibandingkan pisang, anggur dan apel. Selain itu pete juga mengandung tiga jenis gula alami yang berguna bagi tubuh, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Berikut beberapa manfaat lain petai bagi kesehatan, yang dihimpun dari beberapa sumber:
1.Obesitas
Kelebihan berat badan atau obesitas kini dialami sebagian besar masyarakat kita. Ternyata mengonsumsi pete dapat mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Sehingga mengurangi resiko penumpukan lemak dalam tubuh.
2.Anemia
Walau banyak dibenci kaum hawa karena baunya yang tak sedap. Ternyata pete sangat bagus bagi kesehatan wanita karena pete memiliki kandungan zat besi yang mampu mencegah anemia. pete mampu menstimulus sel darah merah dan pencegahan anemia yang cenderung dialami wanita terutama pada saat menstruasi.
3.Mengatasi Lelah
Kandungan nutrisi dan vitamin pada pete juga dipercaya mampu meredam lelah dan mengatasi kecapekan. Jadi ketika merasa lelah, tak ada salahnya mengonsumsi pete setelah beraktivitas. Pete ternyata juga bisa mengurangi tingkat depresi seseorang.
4.Tangani gatal gigitan nyamuk
Tidak hanya buah atau biji petai yang berkhasiat, bagian kulit pete pun ternyata memiliki khasiat dan manfaat. Salah satu manfaat dari kulit biji pete ini dapat mengurangi dan menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Setelah tergigit nyamuk cobalah gosok bagian yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete.
5.Menetralkan asam lambung
Pete ternyata sangat bersahabat dengan lambung manusia. Meskipun dimakan secara mentah, buah ini tidak menimbulkan efek yang buruk bagi lambung. Justru pete baik bagi lambung karena mengurangi iritasi dan luka pada lambung serta mencegah infeksi di lambung.
6.Menjadikan Awet Muda
Tak hanya itu, kandungan protein dalam petai bisa membantu meregenerasi kulit. Sehingga membuat kulit lebih segar dan mulus dan tampak awet muda. Bahkan, beberapa study menyebutkan bahwa petai sangat berfungsi bantu wanita menjaga kecantikan kulit dan wajah secara alami.
Nah itu dia betapa banyaknya khasiat yang dikandung si bau pete, semoga bermanfaat.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *