Berita Lampung Terkini
Berita  

Lebih Aman Berkomunikasi, Gembong Narkoba Gunakan Nokia Jadul

Lampungway.com – Meskipun sekarang jamannya Smartphone, yang menawarkan fitur-fitur handal untuk berkomunikasi. Namun ternyata berbeda dengan para Gembong Narkoba papan atas, yang lebih suka menggunakan Nokia Jadul untuk berkomunikasi dengan alasan keamanan.
Teknologi yang disematkan dalam Smartphone ternyata tidak serta merta menjadi kebutuhan penting para penggunanya. Banyak yang memiliki smartphone hanya sebatas untuk bergaya saja.
Lain halnya dengan para gembong narkoba di inggris, tak perlu diragukan lagi akan budget yang mereka miliki kalau hanya untuk membeli smartphone kelas atas. Bagi para kriminal itu, hidup bergaya tidak lebih penting dari keamanan berkomunikasi. Mereka lebih memilih ponsel Nokia Tipe Lawas dibandingkan ponsel yang ada jaman sekarang. Lebih spesifiknya, mereka memilih fitur ponsel dari Nokia 8210 buatan tahun 1999.
Nokia 8210 tak dibekali aneka fitur ala ponsel pintar macam GPS, Wi-Fi, ataupun Bluetooth, tapi justru karena itu ia menjadi primadona para bandar obat terlarang.
“Mereka (Nokia 8210) bisa dipercaya, tak seperti iPhone dan ponsel baru lain yang bisa dipakai untuk melacak pemiliknya,” ujar seorang gembong narkoba asal Inggris yang tak disebut namanya, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Senin (2/2/2015).
“Semua bandar yang saya kenal memakai ponsel lawas. Nokia 8210 jadi favorit karena kecil dan baterainya tahan lama,” tambah si gembong anonim.
Selain dua alasan di atas, Nokia 8210 memiliki port infra merah antik yang bisa digunakan mentransfer daftar kontak dengan cepat ke ponsel lain, jika karena suatu alasan pemiliknya terburu-buru harus mengganti ponsel.
Harga Nokia 8210 di pasaran masih tergolong mahal untuk sebuah ponsel berumur lebih dari 14 tahun. Di e-Bay, misalnya, satu unit bisa dihargai hingga 30 poundsterling atau hampir Rp 600.000.
Perlu ditambahkan bahwa meskipun sebuah ponsel yang dilengkapi aneka teknologi modern, polisi masih bisa melacak lokasi ponsel dengan menelusuri area base transceiver station (BTS) yang tersambung dengannya. Si pengguna ponsel kemudian bisa dituduh terlibat dengan kejahatan berdasarkan waktu menelepon dan orang yang dikontak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *