Berita Lampung Terkini
Berita  

Waspada! 20 Tanaman Sangat Mematikan Ini Ada di Sekitar Kita

9. Doll’s Eye atau Mata Boneka

Doll’s Eye Tanaman Beracun Mematikan

Penampilan dari tanaman mata boneka ini cukup unik tapi mengerikan, itu wajar karena yang terkandung di dalamnya juga sesuatu yang mengerikan. Titik hitam yang ada di tengah buah berry putih ini adalah titik yang menandakan tempat dengan konsentrat racun tertinggi.

Karena bentuknya yang sangat unik inilah biasanya anak kecil suka tertarik dengan tanaman Doll’s Eye. Beberapa kasus anak-anak akan keracunan setelah bermain dengan tanaman ini.

Biji dari tanaman mata boneka ini mengandung toksin cardiogenic. Toksin yang satu ini bisa memberi efek seperti penenang pada jaringan otot jantung. Jika biji tanaman ini dikonsumsi maka dapat menimbulkan keracunan hingga gagal jantung yang bisa menyebabkan kematian.

10. Water Hemlock

Water Hemlock Tanaman Beracun Mematikan

Water HemlockWater Hamlok terkenal sebagai salah satu tumbuhan paling mematikan dalam sejarah manusia sejak dulu. Ia ini naik pamor dan menjadi sangat terkenal setelah ia bertanggung jawab atas kematian socrates. Cicuta atau Water Hemlock merupakan tanaman atraktif dengan bunga kecil berwarna putih atau hijau yang teratur menyerupai payung. Di Amerika Utara, Water Hemlock adalah tumbuhan paling mematikan karena sangat beracun bagi manusia.

Tanaman ini kerap dijuluki daun peterseli beracun, bubur setan atau berang-berang beracun. Menjadi sangat beracun, karena semua bagian dalam dirinya memiliki alkaloid coniine, menghasilkan racun cicutoxin.

Mereka yang bernasib buruk karena mengkonsumsi water hemlock, secara otomatis Racun Cicutoxin akan aktif dan mengakibatkan kram, muntah-muntah, gemetar, gagal jantung, bahkan melumpuhkan syaraf pusat sebelum akhirnya merenggang nyawa.

11. The Suicide Tree

The Suicide Tree Tanaman Beracun Mematikan

The Suicide TreeThe Suicide Tree (Pohon Bunuh Diri), Pong-pong, Othalanga, semuanya adalah sebutan untuk 1 spesies pohon yang memilki nama ilmiah Cerbera Odollam. Bentuknya sendiri sangatlah mirip dengan bunga Oleander karena berasal dari famili yang sama. Sedangkan alasan dari penamaan tanaman ini adalah karena tanaman ini adalah tanaman popular untuk senjata pembunuhan diam-diam dan juga bunuh diri.

Nah, di Indonesia, sering dikenal dengan nama Tanaman Bintoro. Tanaman ini mempunyai bagian bagian bunga putih seperti melati namun lebih besar. Racun yang terkandung dalam tanaman ini adalah Cerberin yang dapat menyebabkan gangguan otot jantung, kegagalan pernapasan, dan kemudian kematian.

Selain itu, membuat seseorang memakan biji beracun ini juga sangatlah mudah karena rasanya dapat ditutupi oleh bumbu makanan lainnya dan tidak hanya itu saja, racun dari tumbuhan ini sering diabaikan saat otopsi. Inilah sebabnya mengapa The Suicide Tree sering dikatakan sebagai alat pembunuhan yang sempurna.

12. Aconitum atau Wolf’s bane

Aconitum Tanaman Beracun Mematikan

Aconitum atau Wolf’s baneTanaman dengan nama lain seperti wolf’s bane, women’s bane, devils helmet, leopard’s bane, hingga blue rocket adalah nama-nama yang semuanya merujuk ke tumbuhan satu ini. Sering digunakan oleh suku Ainu dari Jepang untuk berburu dengan dioleskan ke ujung panah mereka.

Tumbuhan biasa hidup di daerah pegunungan belahan bumi bagian utara. Ia memiliki racun berbahaya yang dikenal alkaloid pseudaconitine. Jika anda mengkonsumsi tanaman ini dalam jumlah besar akan menyebabkan kematian setelah 2 hingga 6 jam. Maka Wolsbane termasuk juga kategori tumbuhan beracun yang mematikan. Namun, diketahui hanya 20ml racun ini saja juga dapat membunuh seorang pria dewasa. Nama wolf’s bane dari tumbuhan mematikan ini sendiri berasal dari sejarahnya karena sering digunakan untuk membunuh serigala.

Responses (13)

    1. iya mas, hehe, saya yang posting juga kaget. padahal waktu kecil mainan biji jarak hanya emang gak pernah dimakan..

  1. Di kantorku pernah nanam pohon jarak mas. Baru tahu kalo beracun. Waktu itu untuk riset sumber bahan bakar. Karena bisa menggantikan minyak bumi. Untuk bio solar gitu lah.
    Sampe sampe kami.bikin alat pengupas jarak dan sebagainya.
    Kalo kecubung di kampungku dulu dipake untuk mabuk. Mabuk yang ngirit. Ga butuh biaya mahal. Hehe…

    1. hehehehe.. iya, jarak emang sempat opuler untuk bahan bakar pengganti namun untuk mendapatkan hasilnya saya sendiri gak bisa bayangin butuh berapa kg jarak hingga bisa dapetin 1 liter pengganti BBM ehhee

  2. Wah infonya berguna banget mas, ternyata di sekitar kita banyak juga tanaman yang berbahaya. Yang punya anak kecil harus lebih hati – hati jangan sampai tak sengaja menelan atau terpapar tanaman yang beracun.

    1. iya, apalagi jika suka mbolang ke kebun-kebun harus waspada..kadang tanaman/tumbuhan dengan bunga yang indah justru memiliki kandungan yang berbahaya

  3. Wah ada bunga kecubung biasanya suamiku suka itu kalau di dalam pecel di Bandar Lampung udah jarang ketemu pecel pakai kecubung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *