Berita Lampung Terkini

Lima Syarat Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah 11 Agustus 2019

Lampungway.com. Lima Syarat Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah 11 Agustus 2019. Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia telah resmi menetapkan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah jatuh pada Minggu, 11 Agustus 2019.

Keputusan itu disampaikan setelah memastikan kalau 1 Dzulhijjah 1440 Hijriah jatuh pada Jumat, 2 Agustus 2019.  Penetapan itu didasari sidang Isbat penentuan awal bulan Zulhijjah 1440 Hijriah dan hari raya Idul Adha 1440 Hijriah, yang digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag RI.

[artikel number=3 tag=”idul-adha”]

Salah satu hal yang tak bisa dilepaskan dari Hari Raya Iduladha adalah keberadaan hewan kurban. Sebelum membeli hewan kurban, ada baiknya calon pembeli memperhatikan beberapa hal.

Berikut beberapa tips memilih hewan kurban dilansir Suara.com, Sabtu, 3 Agustus 2019. Pengusaha hewan kurban Adin (46) asal Magetan, Jawa Timur sudah 26 tahun berjualan hewan kurban di Jakarta mengatakan hal pertama yang harus calon pembeli pastikan adalah membeli kurban di penjual yang bersertifikat dari Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian.

Setelah itu, pembeli harus memperhatikan lima syarat hewan kurban berikut:

1. Umur Hewan Kurban Telah Sesuai

Terdapat kriteria umur hewan untuk berkurban. Sapi pada umumnya dapat dikurban ketika mencapai umur 2 tahun. Kambing diharuskan telah berumur dari 1 tahun. Kondisi hewan di umur tersebut dianggap sudah cukup usia dan siap dikurban dengan kondisi daging yang telah mencukupi.

2. Bebas dari Penyakit

Hewan kurban yang diperbolehkan dilarang memiliki penyakit. Diantaranya hewan kurban dilarang untuk mengalami kebutaan, sakit, pincang hingga kurus badannya. Kambing atau sapi yang teman-teman pilih haruslah yang terlihat sehat dengan tubuh yang gemuk atau berisi.

3. Hewan Telah Berganti Gigi

Hewan kurban telah mengalami pergantian gigi seri depan maupun bawah. Pergantian gigi menunjukan perkembangan hewan kurban telah mencapai umur yang matang untuk dikurbankan.

4. Tubuh Hewan Kurban Sehat

Hewan kurban haruslah berstatus sehat dengan ciri cirinya berdasarkan kementrian agama adalah, bulu bersih tidak kusam, lincah, nafsu makan baik, suhu tubuh normal dan lubang pada tubuh bersih serta normal.

5. Kebersihan Temat Penjualan Hewan Terjamin

Kebersihan dan perawatan hewan kurban semasa penjualan dan pertumbuhan harus terjamin. Hewan kurban dengan tubuh sehat berasal dari kandang yang rapi, bersih, terjaminnya makanan serta air bagi hewan.

Nah, jadi bagi Anda yang akan berkurban sebaiknya perhatikan dengan ermat Lima Syarat Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah 11 Agustus 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *