by

Kronologi Listrik Padam Massal, Kerugian PLN dan Cara Lapor Listrik Padam

Lampungway.com. Kronologi Listrik Padam Massal, Kerugian PLN dan Cara Lapor Listrik Padam. Plt Dirut PT PLN Sripeni Inten Cahyani akhirnya membeberkan kronologi penyebab padamnya listrik secara massal di sebagian Pulau Jawa.

Sripeni menjelaskan permasalahan mulai terjadi pada pukul 11.45 WIB. Pada detik ke 27 pukul 11.45 WIB, saluran udara tegangan ekstra tinggi Ungaran-Pemalang terjadi gangguan, tepatnya di sirkuit satu yang disusul sirkuit kedua sehingga dua-duanya mengalami gangguan.

“Akibatnya terjadi penurunan tegangan. Jadi pada pukul 11.48 detik 11 menyebabkan jaringan SUTB (saluran udara tegangan tinggi) Depok-Tasik mengalami gangguan. Ini awal pemadaman di sistem Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta,” katanya dalam konferensi pers di Kantor PLN Pusat Pengatur Beban (P2B) Gandul, Depok, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019).

[artikel number=3 tag=”PLN” ]

Pada pukul 11.45 WIB detik 27, listrik di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali normal. Hanya Brebes yang mulai padam, pasalnya dia masuk di sistem Jabar.

“Jadi 11.45 WIB, Jatim, Bali aman, Jateng aman. Pukul 11.48 WIB, Jabar, DKI Jakarta, dan Banten blackout,” sebutnya.

Untuk memulihkan padamnya listrik ini, PLN mendistribusikan listrik dari timur ke barat Pulau Jawa. Listrik dari Jatim mulai masuk ke PLTA Saguling dan PLTA Cirata.

Kemudian pada pukul 16.27 WIB, pasokan listrik mulai masuk ke Gandul. Nah terhitung 3 jam sejak 16.27 WIB diperkirakan listrik di Jakarta akan pulih 100%. Sementara Jawa Barat dan Banten butuh waktu lebih lama.

“Penormalan pelanggan agak lama, di Banten dan Jabar kira-kira masih 4-5 jam,” jelasnya.

Namun pihaknya akan menginvestigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab gangguan di sirkuit satu dan dua di saluran udara tegangan ekstra tinggi Ungaran-Pemalang.

“Kami akan lakukan investigasi lebih lanjut berkaitan penyebab gangguan. Ini murni masalah teknis,” tambahnya.

Listrik Padam Berjam-jam, Kerugian PLN Capai Rp 90 M

PT PLN menghitung potensi kerugian mencapai Rp 90 miliar akibat padamnya listrik secara massal di sebagian Pulau Jawa hari ini.

Direktur Pengadaan Strategis 2 Djoko Raharjo Abumanan menjelaskan estimasi kebutuhan listrik pada hari libur bagi pelanggan di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat 22.000 Megawatt (MW).

Kebutuhan tersebut dapat disuplai sebesar 13.000 MW dari seluruh pembangkit di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Banten. Dari jumlah itu, terdapat selisih 9.000 MW yang merupakan potential lost per jam.

“Berarti hilang 9.000 MW. Hilang katakanlah 10 jam. Dikalikan Rp 1.000 (KwH). Kan rata-rata (tarif listrik) Rp 1.000 per kWh. Tapi itu kan hilangnya Megawatt,” kata dia di Kantor PLN Pusat Pengatur Beban (P2B) Gandul, Depok, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019).

Daya 9.000 MW ini dikalikan 10 jam, yaitu menjadi 90.000 MW. Jika diasumsikan seperti itu maka daya tersebut kemudian bisa dikalikan tarif per MW yang rata-rata Rp 1 juta.

“Ya Rp 90 miliar minimal lost, rugi. Belum didendain tadi kalau ada kompensasi,” tambahnya.

Untuk ganti rugi atau kompensasi ini, dia menjelaskan bahwa pihaknya harus melakukan perhitungan dalam waktu sebulan untuk mengetahui apakah pelanggan PLN berhak mendapatkan ganti rugi.

“Nanti dihitung ada aturannya. Belum bisa (dipastikan apakah akan mendapat ganti rugi). Itu aturannya sebulan,” paparnya.

Dalam waktu sebulan pihaknya akan mengukur Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) untuk menyimpulkan ganti rugi akan diberikan atau tidak. Itu mengacu Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 27 Tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya Yang Terkait dengan Penyaluran Tenaga Listrik Oleh PT PLN (Persero).

Indikator yang dilihat sebagai pertimbangan ganti rugi adalah lama gangguan serta jumlah gangguan. Ganti rugi yang diberikan berupa kompensasi pengurangan tagihan listrik kepada konsumen.

Kompensasi ini bervariasi, yaitu 35% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan tarif yang dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik atau tariff adjustment. Berikutnya kompensasi 20% untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik alias pelanggan bersubsidi.

Listrik Padam Massal, Dirut PLN: Mudah-mudahan Tak Lewat 00.00

Listrik mati massal dari Jakarta hingga ke Jawa Tengah (Jateng). PT PLN memastikan bahwa kondisi tersebut akan kembali normal selambat-lambatnya pukul 00 WIB.

Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, padamnya listrik untuk Jakarta diperkirakan paling lambat 3 jam dimulai sejak pukul 16.27 WIB akan normal seutuhnya. Sementara Jawa Barat dan Banten maksimal memakan waktu 6 jam.

“Kalau tadi (Jakarta memakan waktu) 3 jam. Ini (Jabar dan Banten) 4 sampai 5 jam. Mudah mudahan tidak lewat pukul 00,” katanya dalam konferensi pers di Kantor PLN Pusat Pengatur Beban (P2B) Gandul, Depok, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019).

Dia menjelaskan, pasokan listrik dari timur mulai didistribusikan ke barat untuk memulihkan pemadaman listrik. listrik dari Jatim mulai masuk ke PLTA Saguling dan PLTA Cirata. Pada pukul 16.27 WIB pasokan sudah masuk ke P2B Gandul.

“Insyaallah mudah-mudahan berjalan lancar proses recovery,” tambahnya.

Media Asing Soroti Listrik Padam Massal Berjam-jam di Sebagian Jawa

Sejumlah media asing menyoroti listrik padam massal yang melanda sebagian besar wilayah Jawa. Listrik padam terjadi di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Banten.

“Belasan juta orang di Pulau yang sangat padat, Jawa, terdammpak akibat padamnya listrik massal akibat gangguan di beberapa pembangkit listrik PLN di hari Minggu,” tulis AFP.

Media Prancis, AFP mengangkat peristiwa tersebut dengan judul, “Tens of millions hit by Indonesia power blackout”.

“Pemadaman listrik melanda hampir seluruh area di ibu kota Indonesia dan beberapa provinsi tetangganya yang ada di Pulau Jawa. Padamnya listrik terjadi dua hari setelah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,9 mengguncang pulau yang padat penduduk tersebut,” tulis DW mengawali tulisannya. DW menyinggung padamnya listrik dengan gempa bumi yang terjadi dua hari lalu.

Media terkemuka Amerika Serikat, New York Times memilih judul, “Indonesia Capital, Neighboring Java Provinces Hit by Major Blackout,”.

“MRT sistem di Jakarta juga telah mengevakuasi penumpangnya akibat kereta yang ikut mati akibat listrik padam massal. Penumpang diveakuasi sebelum pukul 17.00 WIB, kata perusahaan yang mengoperasikan MRT,” tulis New York Times dalam salah satu paragraf di tulisannya.

New York Times juga menulis tentang padatnya populasi di jakarta yang dihuni 10 juta penduduk. Media tersebut menyoroti Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan bisnis.

“Kota Jakarta adalah ibu kota pemerintahan dan bisnis di Indonesia. Rumah bagi 10 juta penduduk, dengan sekitar tiga kali lipat penduduk lainnya yang tinggal di sekitar Jakarta,” tulis New York Times.

Jenis-jenis Gangguan Listrik & Penanganan oleh PLN

Begitu banyak jenis gangguan listrik yang sering kita alami baik itu di rumah, kantor, dan di tempat-tempat lainnya. Sebelum membahas bagaimana cara melaporkan masalah listrik ke PLN, yuk kita kenali berbagai macam gangguan listrik yang ada!

Power Failure
Power failure adalah kondisi matinya sumber listrik pusat (utama) dan biasanya sering kita alami di keseharian. Gangguan tersebut umumnya dikenal dengan istilah mati lampu atau listrik padam. Apabila ada perlengkapan elektronik di rumah anda yang sedang beroperasi, lalu tiba-tiba listrik yang ada mengalami pemadaman, maka kejadian ini mungkin saja berdampak pada kerusakan alat-alat elektronik. Beberapa di antara penyebabnya yaitu hubungan arus pendek, pemadaman bergilir, atau berlebihnya beban listrik di rumah anda.

Power Sag
Power sag/drop voltage yaitu terjadinya tegangan/voltase yang turun secara tiba-tiba. Dari yang mulanya 220 volt, lalu bisa mengalami penurunan hingga lebih dari 10%. Terjadinya power sag ini, juga dapat berdampak pada kerusakan alat-alat elektronik. Penyebab dari gangguan ini bisa bermacam-macam, diantaranya adalah adanya penggunaan daya listrik yang besar dimana menyebabkan arus listrik yang besar mengalir pada penghantar dan menyebabkan tegangan turun. Bagaimana cara mengatasi power sag ini di rumah kita? Kita akan membahasnya pada artikel berikutnya.

Power Surge
Power surge atau spike terjadi jika voltase naik melebihi angka 100% dari tegangan kerjanya secara tiba-tiba. Penyebab terjadinya adalah petir yang menyambar serta saat anda mematikan peralatan elektronik yang bebannya cukup berat. Terjadinya spike, dalam beberapa kasus, juga dapat berdampak pada kerusakan alat-alat elektronik.

Under Voltage
Under Voltage yang dikenal juga dengan brown out ini adalah keadaan berkurangnya tegangan listrik yang terjadi hanya beberapa menit. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi kerja alat elektronik. Kejadian ini mirip power sag, hanya saja kejadian pada under voltage terjadi sesaat, sedangkan pada power sag terjadi pada saat rentang waktu yang lebih lama.

Over Voltage
Over Voltage adalah kondisi tegangan listrik yang melewati batasan normal dalam kurun waktu yang lama. Sama seperti kasus sebelumnya, Over Voltage ini juga dapat membuat alat elektronik terganggu dan kemungkinan rusak.

Frequency Variation
Frequency Variation adalah keadaan frekuensi listrik yang tidak stabil dan juga berdampak pada kerja alat elektronik.

Electrical Line Noise
Electrical Line Noise adalah gangguan gelombang listrik yang disebabkan oleh frekuensi radio, instalasi yang kurang baik, atau penyebab lainnya.

Lalu, apa yang harus kita lakukan saat terjadi kasus-kasus di atas? Apakah harus segera melapor PLN? Atau ada prosedur lainnya? Lalu, batasan masalah seperti apa yang akan ditangani oleh PLN? Untuk menjawab itu semua, perhatikan terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut :

Silahkan anda keluar rumah, lalu perhatikan atau tanyakan kepada tetangga, apakah mereka juga padam atau tidak. Jika tetangga ikut padam, berarti gangguan listrik tersebut bukan berhubungan dengan pemakaian listrik di dalam rumah anda.

Bagaimana jika tetangga juga padam? Langkah yang perlu anda ketahui ialah jumlah listrik yang padam di sekitar rumah anda. Jika cukup banyak rumah yang padam, berarti penyebab gangguan kemungkinan terletak pada SR (Sambungan Rendah) atau JTR (Jaringan Tegangan Rendah).

Silahkan tunggu beberapa lama karena biasanya pihak PLN akan mencoba untuk menghidupkan sekali lagi. Jika padam kembali, berarti terdapat gangguan pada penyulang.

Sebenarnya, masalah ini tidak perlu dilaporkan pada PLN sebab pihak PLN tetap bisa mengetahuinya. Jika pemadaman cukup lama, ada kemungkinan daerah anda mengalami pemadaman secara bergilir atau karena ada pekerjaan emergency/ keadaan mendesak seperti kebakaran, tiang hampir roboh, trafo mengeluarkan api, dan sebagainya.

Untuk pemadaman bergilir biasanya ada pemberitahuan sebelumnya. Jika rumah lainnya tetap menyala dan hanya rumah anda yang padam, maka periksalah MCB (Mini Circuit Breaker) di dalam rumah anda di dalam rumah biasanya digunakan untuk membagi saluran ke ruangan-ruangan tertentu, agar memudahkan pembagian beban dan penanganan gangguan instalasi bangunan.

Jika salah satu tombol turun/ padam, maka tunggu beberapa saat dan coba ON-kan kembali. Kalau tidak bisa bagaimana? Berarti ada gangguan instalasi di rumah anda, bisa berupa short circuit salah satu peralatan listrik.

Lalu, jika tombol di dalam rumah tidak turun, cek di luar rumah anda. Jika turun/ padam, berarti rumah anda sedang Overload, dikarenakan pemakaian daya listrik yang melebihi kapasitas.

Jika sering terjadi overload maka anda bisa mengurangi penggunaan peralatan listrik yang besar. Atau jika memang sudah diperlukan maka ajukanlah penambahan daya ke PLN.

Ada kondisi dimana anda merasa pemakaian listrik anda tidak banyak namun MCB PLN tetap turun, bisa jadi MCB PLN sudah lemah/ tua sehingga anda bisa mengajukan penggantian MCB (gratis) ini disertai dengan penghitungan beban di rumah anda.

Jika yang padam hanya beberapa rumah tertentu, termasuk rumah anda, dan rumah didekat anda masih ada yang menyala, ada kemungkinan gangguan pada JTR (Jaringan Tegangan Rendah) pada salah satu penghantar fase yang menyuplai rumah anda.

Sama seperti kasus nomor 2, dimana anda perlu menunggu beberapa lama karena pihak PLN akan mencoba memperbaiki dan menormalisasi suplai listrik.

Cara Lapor Listrik Padam

PLN merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara yang mengelola segala sesuatu mengenai kelistrikan untuk digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Di dalam kehidupan, listrik sangat berperan penting dalam membantu kita untuk meringankan beban pekerjaan maupun sebagai penerang sebuah tempat.

Akan tetapi, listrik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kadang mengalami gangguan terkait dengan penggunaannya. Padahal, listrik bisa kita kategorikan ke dalam kebutuhan primer.

Jika terjadi sedikit saja masalah, maka gangguan tersebut dapat menghambat kelancaran kegiatan anda sehari-hari, seperti terjadiya pemadaman listrik sehingga saat kita beraktivitas menggunakan komputer, televisi, AC/ Pendingin Ruangan, dan lainnya, jelas sangat menganggu bila terjadi masalah.

Lalu, saat terjadi gangguan pada listrik yang ada di rumah anda, apa yang harus kita lakukan? Termasuk jenis masalah apakah yang kita alami? Bingung?

Sebaiknya anda jangan panik. Tenangkan diri terlebih dahulu lalu lihat gangguan apa yang terjadi di rumah anda. Bingung gangguan listrik itu seperti apa saja? Mari kita bahas jenis-jenis gangguan listrik yang mungkin terjadi di rumah anda.

Contact Center PLN 123
Contact Center PLN 123

a. Cara Pengaduan PLN Online
Melakukan pengaduan terkait masalah listrik yang anda alami, sekarang tidak perlu datang langsung ke kantor PLN sebab bagi anda yang sibuk dengan pekerjaan, rasanya sangat merepotkan.

Jadi, jika terjadi masalah dengan listrik di rumah anda, lakukanlah pengaduan listrik ke pln melalui website PLN. Pilihlah menu kontak di bagian kanan atas.

Isi formulir dengan lengkap dan benar kemudian ajukan, maka pengaduan anda akan segera diproses. Selain melalui website, PLN juga membuka akses pengaduan melalui media sosial seperti Facebook dengan nama PLN 123, Twitter dengan nama @pln_123, serta email ke alamat pln123@pln.co.id.

Layanan kontak PLN 123 memberikan pelayanan 24 jam setiap hari bagi masyarakat. Layanan lain yang disediakan oleh kontak PLN bukan hanya terkait pengaduan masalah listrik saja, namun bisa digunakan untuk pengurusan keperluan daya listrik seperti ingin memasang listrik baru dan mengatasi bermacam gangguan listrik.

Sementara untuk aplikasi pelayanan PLN yang sudah terpusat yaitu Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Pelanggan (APKT) serta Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

b.Cara Pengaduan PLN Melalui i-SMS
Selain melalui layanan online, kini berkomunikasi dengan PLN menjadi lebih mudah dengan i-SMS. Bagaimana caranya?

Hanya dengan mengirim SMS ke 8123, anda bisa mendapatkan informasi rekening, keluhan, dan pengaduan kepada PLN melalui ponsel anda. i-SMS PLN bekerjasama dengan beberapa operator seluler Indonesia antara lain, beberapa di antaranya yaitu Telkomsel, Indosat, Smartfren, dan Flexy.

Fitur yang bisa kita dapatkan di i-SMS :

Laporan Listrik Padam
Pengaduan Non Teknik :
Pengaduan catat meter
Pengaduan rekening
Pengaduan pasang baru/ubah daya
Pengaduan lainnya
Informasi Tagihan Listrik bulan berjalan
Daftar member i-SMS
Berhenti i-SMS
Tarif i-SMS :

Format SMS Lapor PLN
Format SMS Lapor PLN Pengiriman sms akan dikenakan tarif normal masing masing operator. Menerima jawaban dari i-SMS akan dikenakan biaya Rp.500 (dihitung pada saat mendapat balasan)

c.Cara Pengaduan PLN Melalui Telepon
Ketika anda ingin melakukan pengaduan dalam waktu terdesak, maka anda dapat melakukan pengaduan melalui telepon dengan nomor pengaduan PLN 123.

Bila anda melakukan panggilan melalui ponsel, maka anda harus menyertakan kode area terlebih dahulu supaya bisa tersambung dengan operator.

Jadi formatnya adalah “kode area + 123” (untuk telepon via selular, misal 021123), dan andapun tersambung dengan PLN. Ikuti petunjuk dari operatornya dan anda dapat langsung mengajukan keluhan atau pengaduan mengenai permasalahan listrik yang terjadi di rumah.

Setelah anda selesai melaporkan via telepon, maka laporan tersebut akan diberikan nomor laporan berupa kode unik yang harus dicatat.

Contoh nomor pelaporan misalnya :

J0PQ28K

N0PSWFU

Catat baik nomor pelaporan tersebut, karena nantinya jika masalah yang dilaporkan belum ada penanganan, maka anda harus menghubungi kembali PLN 123 dan menyebutkan nomor pelaporan tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Silahkan jika anda mempunyai pengalaman permasalahan dengan listrik PLN yang bisa dibagikan. Kami akan melakukan penambahan informasi agar lebih bermanfaat lagi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *