Berita Lampung Terkini

Inilah Jenis Gangguan Listrik dan Penanganan PLN

Lampungway.com. Inilah Jenis Gangguan Listrik dan Penanganan PLN. Begitu banyak jenis gangguan listrik yang sering kita alami baik itu di rumah, kantor, dan di tempat-tempat lainnya.

Sebelum membahas bagaimana cara melaporkan masalah listrik ke PLN, yuk kita kenali berbagai macam gangguan listrik yang ada! seperti yang terjadi di Pulau Jawa yakni Listrik Padam Massal sejak kemarin

[artikel number=3 tag=”PLN” ]

Power Failure

Power failure adalah kondisi matinya sumber listrik pusat (utama) dan biasanya sering kita alami di keseharian. Gangguan tersebut umumnya dikenal dengan istilah mati lampu atau listrik padam.

Apabila ada perlengkapan elektronik di rumah anda yang sedang beroperasi, lalu tiba-tiba listrik yang ada mengalami pemadaman, maka kejadian ini mungkin saja berdampak pada kerusakan alat-alat elektronik. Beberapa di antara penyebabnya yaitu hubungan arus pendek, pemadaman bergilir, atau berlebihnya beban listrik di rumah anda.

Power Sag

Power sag/drop voltage yaitu terjadinya tegangan/voltase yang turun secara tiba-tiba. Dari yang mulanya 220 volt, lalu bisa mengalami penurunan hingga lebih dari 10%. Terjadinya power sag ini, juga dapat berdampak pada kerusakan alat-alat elektronik.

Penyebab dari gangguan ini bisa bermacam-macam, diantaranya adalah adanya penggunaan daya listrik yang besar dimana menyebabkan arus listrik yang besar mengalir pada penghantar dan menyebabkan tegangan turun. Bagaimana cara mengatasi power sag ini di rumah kita? Kita akan membahasnya pada artikel berikutnya.

Power Surge

Power surge atau spike terjadi jika voltase naik melebihi angka 100% dari tegangan kerjanya secara tiba-tiba. Penyebab terjadinya adalah petir yang menyambar serta saat anda mematikan peralatan elektronik yang bebannya cukup berat. Terjadinya spike, dalam beberapa kasus, juga dapat berdampak pada kerusakan alat-alat elektronik.

Under Voltage

Under Voltage yang dikenal juga dengan brown out ini adalah keadaan berkurangnya tegangan listrik yang terjadi hanya beberapa menit. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi kerja alat elektronik. Kejadian ini mirip power sag, hanya saja kejadian pada under voltage terjadi sesaat, sedangkan pada power sag terjadi pada saat rentang waktu yang lebih lama.

Over Voltage

Over Voltage adalah kondisi tegangan listrik yang melewati batasan normal dalam kurun waktu yang lama. Sama seperti kasus sebelumnya, Over Voltage ini juga dapat membuat alat elektronik terganggu dan kemungkinan rusak.

Frequency Variation

Frequency Variation adalah keadaan frekuensi listrik yang tidak stabil dan juga berdampak pada kerja alat elektronik.

Electrical Line Noise

Electrical Line Noise adalah gangguan gelombang listrik yang disebabkan oleh frekuensi radio, instalasi yang kurang baik, atau penyebab lainnya.

Lalu, apa yang harus kita lakukan saat terjadi kasus-kasus di atas? Apakah harus segera melapor PLN? Atau ada prosedur lainnya? Lalu, batasan masalah seperti apa yang akan ditangani oleh PLN? Untuk menjawab itu semua, perhatikan terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut :

Silahkan anda keluar rumah, lalu perhatikan atau tanyakan kepada tetangga, apakah mereka juga padam atau tidak. Jika tetangga ikut padam, berarti gangguan listrik tersebut bukan berhubungan dengan pemakaian listrik di dalam rumah anda.

Bagaimana jika tetangga juga padam? Langkah yang perlu anda ketahui ialah jumlah listrik yang padam di sekitar rumah anda. Jika cukup banyak rumah yang padam, berarti penyebab gangguan kemungkinan terletak pada SR (Sambungan Rendah) atau JTR (Jaringan Tegangan Rendah).

Silahkan tunggu beberapa lama karena biasanya pihak PLN akan mencoba untuk menghidupkan sekali lagi. Jika padam kembali, berarti terdapat gangguan pada penyulang.

Sebenarnya, masalah ini tidak perlu dilaporkan pada PLN sebab pihak PLN tetap bisa mengetahuinya. Jika pemadaman cukup lama, ada kemungkinan daerah anda mengalami pemadaman secara bergilir atau karena ada pekerjaan emergency/ keadaan mendesak seperti kebakaran, tiang hampir roboh, trafo mengeluarkan api, dan sebagainya.

Untuk pemadaman bergilir biasanya ada pemberitahuan sebelumnya. Jika rumah lainnya tetap menyala dan hanya rumah anda yang padam, maka periksalah MCB (Mini Circuit Breaker) di dalam rumah anda di dalam rumah biasanya digunakan untuk membagi saluran ke ruangan-ruangan tertentu, agar memudahkan pembagian beban dan penanganan gangguan instalasi bangunan.

Jika salah satu tombol turun/ padam, maka tunggu beberapa saat dan coba ON-kan kembali. Kalau tidak bisa bagaimana? Berarti ada gangguan instalasi di rumah anda, bisa berupa short circuit salah satu peralatan listrik.

Lalu, jika tombol di dalam rumah tidak turun, cek di luar rumah anda. Jika turun/ padam, berarti rumah anda sedang Overload, dikarenakan pemakaian daya listrik yang melebihi kapasitas.

Jika sering terjadi overload maka anda bisa mengurangi penggunaan peralatan listrik yang besar. Atau jika memang sudah diperlukan maka ajukanlah penambahan daya ke PLN.

Ada kondisi dimana anda merasa pemakaian listrik anda tidak banyak namun MCB PLN tetap turun, bisa jadi MCB PLN sudah lemah/ tua sehingga anda bisa mengajukan penggantian MCB (gratis) ini disertai dengan penghitungan beban di rumah anda.

Jika yang padam hanya beberapa rumah tertentu, termasuk rumah anda, dan rumah didekat anda masih ada yang menyala, ada kemungkinan gangguan pada JTR (Jaringan Tegangan Rendah) pada salah satu penghantar fase yang menyuplai rumah anda.

Sama seperti kasus nomor 2, dimana anda perlu menunggu beberapa lama karena pihak PLN akan mencoba memperbaiki dan menormalisasi suplai listrik.

Baca juga : Cara Lapor Listrik Padam ke PLN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *