HOT News

Inilah Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Mandiri

Lampungway.com. Artikel Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Mandiri tentu saja akan membahas mengenai cara menghitung bunga deposito bank Mandiri, namun selain pokok bahasan Bunga Deposito, akan membahas juga mengenai pengertian deposito bank dan keuntungan bunga deposito bank serta perbedaan tabungan dan deposito bank.

Definisi Deposito

Deposito adalah salah satu produk simpanan yang sejenis dengan investasi sederhana dari bank yang memberikan janji kepada nasabahnya berupa suku bunga yang tetap pada jangka waktu tertentu.

Selain disimpan dalam bentuk rupiah, deposito juga dikenal dengan sebutan deposito valas yaitu simpanan berjangka valuta asing (Valas). Dalam deposito bank, masing-masing bank menawarkan suku bunga yang kompetitif, jangka waktu yang ditawarkan oleh bank sangat bervariasi, mulai dari 1, 3, 5, 12, atau 24 bulan.

Bunga dibayarkan pada akhir periode investasi dalam deposito. Sedangkan dalam tabungan, bunga tersebut dihitung setiap hari dan biasanya dibayarkan pada tiap akhir bulan.

Keuntungan Deposito

Ada beberapa Keuntungan yang membuat deposito menjadi pilihan investasi yang sangat dianjurkan jika Anda memiliki dana yang tidak terpakai atau tidak digunakan. Berikut ini adalah keuntungan dari deposito.

1. Syaratnya Mudah.

Inilah salah satu keuntungan utama mengapa Anda sebaiknya mempertimbangkan berinvestasi lewat deposito. Persyaratannya mudah sehingga Anda tidak akan kerepotan ketika membuat rekening deposito. Dan jika Anda memang sudah merupakan nasabah di Bank Mandiri, maka cara membuka rekening deposito di Bank Mandiri pun jadi lebih mudah.

2. Menjadi Jaminan Kredit

Selain dimanfaatkan untuk menyimpan uang yang bisa Anda gunakan di masa depan, deposito pun bisa menjadi salah satu bentuk jaminan kredit jika Anda kelak akan mengajukan pinjaman ke bank.

3. Dijamin Keamanannya

Keamanan adalah salah satu keunggulan utama deposito. Apalagi di Bank Mandiri yang merupakan bank terbesar di Indonesia dan sudah jelas dilindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Akan tetapi, perlu diingat bahwa jumlah dana maksimal yang dijamin oleh LPS adalah sebesar Ro 2 miliar di dalam satu rekening deposito.. Selain itu, alasan lain mengapa deposito aman adalah karena tidak tergantung pada pergerakan pasar atau kondisi keuangan di Indonesia.

4. Bebas Biaya Administrasi Bulanan

Jika dibandingkan dengan tabungan biasa, tabungan deposito tidak dikenai biaya administrasi bulanan sampai akhirnya jatuh tempo.

5. Tingkat Suku Bunga Tetap

Jika dibandingkan dengan suku bunga tabungan biasa, tingkat suku bunga tabungan deposito lebih besar. Selain itu, besarnya suku bunga juga relatif tetap.

Perbedaan Tabungan dan Deposito Bank

Hampir semua orang mengenal istilah deposito yang sering dikenal juga sebagai tabungan, yang merupakan produk perbankan dan memiliki sifat yang hampir sama dengan tabungan. Namun, antara tabungan dan deposito tentu saja memiliki perbedaan

1. Bunga Deposito Lebih Tinggi dari Tabungan

Keuntungan dari memasukkan dana ke produk deposito adalah bunganya lebih tinggi dari tabungan. Bunga deposito berkisar antara 5% hingga 7% dari jumlah dana Anda, sedangkan bunga tabungan hanya berkisar antara 0.5% hingga 3%. Dengan bunga yang lebih besar, perkembangan uang Anda akan lebih cepat.

2. Deposito Memiliki Jangka Waktu Pengambilan sedangkan Tabungan tidak

Dana yang akan dimasukkan ke deposito merupakan dana simpanan yang memiliki jangka waktu atau periode misalnya 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan atau bahkan 1 bulan, dan selama jangka waktu tersebut Deposito tidak bisa di tarik. Sedangkan jika tabungan tidak ada jangka waktu pengambilan.

3. Deposito Lebih Terkontrol sedangkan Tabungan Tidak.

Setelah Anda menyimpan dalam bentuk Deposito, maka pengeluaran akan lebih terkontrol karena Deposito tidak bisa diambil semaunya dan uang juga bertumbuh karena bunga yang tinggi, dan menyesuaikan jangka waktu yang diambil.

4. Deposito Gunakan Bilyet, Tabungan gunakan buku Tabungan dan ATM

Anda akan memegang buku tabungan dan kartu ATM sebagai bukti bahwa Anda memiliki tabungan di Bank. Hal ini berbeda ketika Anda membuka deposito, sebagai gantinya Anda akan mendapat bilyet deposito. Inilah yang menandakan bahwa Anda pemilik dari dana yang ada di deposito tersebut.

Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Mandiri

Setelah Anda mengetahui penjelasan diatas mengenai pengertian deposito, keuntungan Deposito serta perbedaan Deposito dan Tabungan. Sebaiknya Anda juga harus mengetahui dengan jelas cara menghitung bunga deposito bank Mandiri.

Yang perlu di ingat bahwa deposito Bank Mandiri memiliki karakteristik uang tidak dapat ditarik selama jangka waktu tertentu. Jadi ketika Anda melakukan investasi dalam deposito biasanya memilih jangka waktu atau yang biasa disebut dengan istilah Tenor.

Tenor Deposito Bank Mandiri

Tenor adalah jangka waktu yang ditentukan oleh bank Mandiri dalam simpanan deposito bank. Setiap bank memiliki tenor yang berbeda-beda. Namun biasanya tenor tersedia dalam 1, 3, 6, 12, dan maksimal 24 bulan.

Tiap jangka waktu Deposito bank Mandiri akan diberi suku bunga yang telah ditentukan sebelumnya. Bank biasanya mencantumkan suku bunga deposito mereka seperti contoh tabel dibawah ini :

Suku Bunga Deposito Bank Mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *