Lampungway.com. Lampung Krakatau Festival 2019 Angkat Pariwisata Lampung Go Internasional.  Sejak 1990, Pemerintah Lampung terus menyelenggarakan perhelatan paling akbar yakni Lampung Krakatau Festival, atau dikenal dengan Festival Krakatau. 

Lampung Krakatau Festival 2019 adalah penyelenggaran yang ke-29 dan menjadi salah satu kegiatan yang paling megah dan besar di Indonesia. Penyelenggaraan Lampung Krakatau Festival tentu saja memiliki tujuan, selain sebagai bentuk peringatan atas meletusnya Gunung Krakatau pada 26 Agustus 1883 dan 27 Agustus 1883

Kegiatan akbar ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan gerakan ayo ke Lampung supaya bisa go internasional sehingga di mata dunia Lampung bisa menjadi lumbung destinasi wisata, pesona Anak Gunung Krakatau yang sangat melegenda, diharapkan mampu menjaring wisatawan asing maupun wisatawan domestik yang ingin berlibur dan menikmati pariwisata lampung

Waktu Pelaksanaan Lampung Krakatau Festival 2019

Lampung Krakatau Festival 2019 dilaksanakan pada tanggal 21 hingga 25 Agustus 2019 dan menjadi salah satu Perhelatan paling akbar di Indonesia pada tahun 2019, serta menjadi salah satu festival terbesar di Lampung tahun 2019

BALIHO-4x6m-LKF-2019-500x750
Lampung Krakatau Festival 2019 – pariwisatalampung.com

Lampung Krakatau Festival merupakan kegiatan yang paling dinantikan oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik juga sangat dinantikan oleh Masyarakat Lampung. Lampung Krakatau Festival merupakan sarana untuk mempromosikan Lampung sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia selain Bali ke kancah dunia melalui magnet Anak Gunung Krakatau.

Berdasarkan data, pada tahun 2018 kunjungan wisatawan mancanegara ke Lampung tercatat 274 ribu orang dan wisatawan domestik sebanyak 13,9 juta orang. Hal inilah yang membuat Pemerintah Lampung terus menggenjot sektor pariwisata sebagai andalan memperkenalkan Lampung menuju Go Internasional.

Penyelenggaraan Lampung Krakatau Festival secara kontinyu dari tahun ke tahun mendapat apresiasi dari Tenaga Ahli Menteri Bisang Manajemen Calendar of Event (CoE) Esthy Reko Astuty mewakili Menteri Arief Yahya.

Rangkaian Kegiatan Lampung Krakatau Festival 2019

Rangkaian kegiatan utama Lampung Krakatau Festival 2019 berlangsung sangat megah dan keren meliputi setidaknya 5 (lima) kegiatan yang sangat menawan, antara lain :

1. Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai

Dilaksanakan sejak tanggal 23-24 Agustus 2019, bertempat di Lapangan Saburai Bandar Lampung, beberapa kegiatan seperti, Pertunjukan Sendratari, Kesenian Tradisional/Modern Kreasi dari Kabupaten/Kota se-Lampung, serta Penampilan Band dan Artis Nasional juga dilaksanakan di Lapangan Saburai Bandar Lampung.

2. Krakatau Expo

Dilaksanakan sejak tanggal 23-25 Agustus 2019, mengambil tempat di Lapangan Saburai Bandar Lampung dengan kegiatan utamanya antara lain : Pameran UKM Ekonomi Kreatif, Demo Masak, Cooking Class, Kuliner Tradisional, Kuliner Kekinian (Nusarasa), Lomba Hias 1000 Cupcake, dan Penyajian 5000 porsi gratis olahan Mie Seruit.

3. Trip Krakatau

Trip Krakatau dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2019, sebagai kegiatan andalan di Lampung Krakatau Festival 2019.

Trip Krakatau di Lampung Krakatau Festival 2019 ini menggunakan kapal Jatra II milik ASDP, yang bertolak dari Dermaga Eksekutif Bakauheni, Lampung Selatan, dengan membawa sekitar 730 peserta. Peserta trip bisa  menyaksikan kawah Gunung Anak Krakatau serta bisa merasakan getaran secara langsung dari jarak dekat.

Trip Krakatau 2019 - URO Unila
Trip Krakatau 2019 – URO Unila

Hal yang menarik dari Gunung Anak Krakatau adalah metamorfose pertumbuhan dan perkembangan Gunung Anak Krakatau yang semakin pesat dari tahun ke tahun, dimana kawah Gunung Anak Krakatau tidak berada di tengah, melainkan di samping.

Maka tidak heran jika pada erupsi akhir tahun 2018 lalu, mengalami longsor di samping, dan hal tersebut membawa bencana Tsunami di Pesisir Lampung dan Banten, serta memakan korban jiwa yang juga tidak sedikit.

Dari kawah tersebut, asap putih mengepul disertai dengan suara gemuruh membawa suasana makin tegang, meski saat ini kondisi Gunung Anak Krakatau berstatus waspada, namun masih stabil dan bisa diamati dari atas kapal dengan jarak sekitar 4 km.

Penting diketahui, Pasca erupsi pada akhir 2018 silam yang juga mengakibatkan Tsunami di wilayah Banten dan Lampung, Pemerintah telah melarang para wisatawan juga masyarakat untuk menepi atau berlabuh ke Anak Gunung Krakatau.

Lampung Krakatau Festival 2019 - Genpilampung.com
Lampung Krakatau Festival 2019 – Genpilampung.com

4. Parade Permainan Anak Tradisional

Dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2019, masih bertempat di Lapangan Saburai Bandar Lampung. Kegiatan ini menampilkan aneka permainan anak tradisional Lampung dan nusantara seperti, Gobak Sodor, Kuda Buta, Upih Patil Lele dan Ngisut

5. Parade Budaya Lampung Culture and Tapis Carnival

Dilaksanakan sejak tanggal 25 Agustus 2019 merupakan puncak acara perhelatan Lampung Krakatau Festival 2019 yang menampilkan keragaman, kemegahan, kekayaan alam dalam bentuk parade budaya Lampung dan Nusantara serta penampilan parade busana fantasi bermotif ragam hias khas Lampung.

Jarak tempuh parade budaya ini sekitar 3,06 kilometer, yang dimulai dari Lapangan Saburai, Jalan Sriwijaya, Jalan Jenderal Sudirman, Tugu Adipura, Jalan Ahmad Yani, Jalan RA Kartini, Jalan Katamso, Jalan Raden Intan, Jalan Tulang Bawang, Jalan Sriwijaya, dan kembali di Lapangan Saburai.

Kehadiran Menteri Pariwisata Arief Yahya, yang didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wagub Chusnunia Chalim, serta di ikuti oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, Anggota Komisi X DPR-RI Dwita Ria Gunadi, serta para bupati/walikota se-Provinsi Lampung semakin memeriahkan acara parade budaya tersebut.

Jadi, Tak salah jika pada Lampung Krakatau Festival 2019 kita Angkat Pariwisata Lampung Go Internasional. #PariwisataLampung #LampungKrakatauFestival2019

lomba-blog-krakatau-festival

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *