by

Cara Untuk Memperkuat Komunikasi Non Verbal

Lampungway.com. Cara Untuk Memperkuat Komunikasi Non Verbal. Untuk anda yang masih bingung mengenai komunikasi non verbal maka tidak perlu khawatir. Artikel ini membahas secara lengkap hanya untuk anda.

Secara umum, komunikasi dibagi menjadi dua yaitu  lisan dan non verbal. Komunikasi non verbal yaitu yang berkaitan dengan gerakan dari tubuh. Biasanya, hal ini terjadi karena kurangnya rasa percaya diri. Namun, masih banyak penyebab yang lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya terdapat beberapa cara untuk menguatkan komunikasi.

Sampai saat ini, mungkin banyak yang tidak sadar akan rendahnya komunikasi secara non verbal. Padahal, kedua hal in merupakan perpaduan yang penting. Bayangkan jika berkomunikasi hanya dengan lisan saja. Tentunya, untuk komunikasi yang terjadi menjadi kurang tepat. Bahkan, bisa menimbulkan kesalahpahaman.

Untuk itu, anda harus paham mengenai cara dalam memperkuat komunikasi non verbal. Simak ulasan lebih lengkapnya ada pada artikel di bawah ini.

Beberapa Cara Memperkuat Komunikasi Non Verbal

Untuk melakukan peningkatan dari komunikasi secara non verbal bisa dilakukan dengan beberapa cara. Ini dia beberapa caranya:

Gunakan Penampilan Yang Terbaik

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan penampilan yang terbaik. Mengapa hal ini perlu untuk dilakukan? Karena, penampilan yang terbaik bisa membuat lebih percaya diri. Efeknya, akan berkaitan secara langsung dengan komunikasi secara non verba. Mulailah dengan hal yang kecil ini.

Terlebih, cobalah untuk menggunakan penampilan yang terbaik dalam sehari-hari. Penggunaannya akan sangat mampu untuk memperkuat komunikasi secara non verbal menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu, komunikasi yang dijalin juga akan menjadi lebih berkualitas.

Pahami Lingkungan Sekitar

Cara yang juga bisa digunakan yaitu dengan nam memahami lingkungan sekitar. Tentunya, beberapa orang sudah paham dan bisa melakukan komunikasi non verbal secara lancar. Dari sinilah, anda bisa belajar. Implementasikan secara langsung apa yang anda lihat kepada orang sekitar. Tingkatkan rasa percaya diri yang ada dengan lebih tinggi lagi.

Kemudian, cobalah untuk bisa berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Tentunya, akan banyak hal yang bisa anda dapatkan. Jangan ragu untuk memulai komunikasi dengan lingkungan sekitar. Karena, seseorang yang ragu hanya akan membuat komunikasi berjalan dengan tidak maksimal. Mulai dan cobalah mendapatkan hal yang baru!

Mulai Dengan Senyuman

Cara paling ampuh untuk dapat memulai komunikasi secara nonverbal yaitu dengan senyuman. Sejatinya, senyuman memiliki arti yang sangat positif. Tujuannya, untuk dapat berkomunikasi secara baik tanpa ragu. Tentunya, sudah banyak orang yang paham mengenai hal ini.

Jadi, wajar jika beberapa orang juga memulai komunikasi dengan senyuman. Termasuk anda yang bisa memulai komunikasi dengan tersenyum. Tidak harus tersenyum secara lebar, tipis saja namun memiliki arti untuk bisa menyampaikan pesan.

Tetap Fokus

Selanjutnya, cobalah untuk bisa fokus terhadap komunikasi yang sedang berlangsung. Karena, komunikasi yang berlangsung tersebut tentu membutuhkan tingkat fokus tersendiri. Disinilah, anda harus dituntut untuk tetap fokus. Jika lengah, maka akan membuat bingung dan blank pada pikiran.

Jadi, mulailah dengan fokus terhadap komunikasi yang telah dibangun. hIndari sekecil apapun hal yang bisa mengganggu tingkat fokus anda. Sebagai contoh, saat berkomunikasi secara langsung sebaiknya tidak membuka secara rutin handphone. Karena, hal tersebut bisa mengurangi fokus dan komunikasi terasa kurang jelas.

Begitulah beberapa cara memperkuat komunikasi non verbal. Dengan adanya peningkatan pada komunikasi secara nonverbal tentu memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Secara, komunikasi menjadi lebih lancar dan tidak monoton. Semoga bermanfaat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *