by

Cara Menyapih Anak Dengan Benar

Lampungway.com. Cara Menyapih Anak Dengan Benar. Dalam proses menyapih, harus dilakukan dengan tepat dan benar. Ketahui cara menyapih anak dengan benar yang harus ibu pahami.

Menyapih diperlukan untuk membantu anak agar bisa lepas dari ASI. Menyapih anak harus di lakukan dengan benar. Karena, hal ini berkaitan langsung dengan kesehatan dan tubuh dari anak. Jika tidak dilakukan dengan tepat, bisa saja menyebabkan tubuh anak kekurangan nutrisi. Karena, sebelumnya nutrisi diberikan melalui ASI.

Setelah anak setidaknya berumur 2 tahun lebih, maka harus bisa disapih. MEskipun dalam proses menyapih, tumbuh kembang anak tetap harus diperhatikan. Jangan sampai, tumbuh kembang anak tidak dalam kondisi yang baik. Peran orang tua dalam hal ini sangatlah dibutuhkan. Ketahui cara menyapih anak dengan benar pada artikel ini.

Pilihan Cara Menyapih Anak Dengan Tepat

Untuk bisa menyapih anak dengan tepat, anda membutuhkan beberapa cara khusus. Ini di beberapa cara yang bisa dilakukan:

Kurangi Konsumsi ASI

Selama ini, apakah ibu masih rutin memberikan ASI kepada anak? jika YA, maka mulai sekarang harus dikurangi. Konsumsi ASI masih boleh diberikan. Hanya saja, jangan terlalu rutin untuk memberikannya. Karena, hal ini akan menjadi kebiasaan pada anak nantinya. tentunya, proses menyapih akan menjadi kurang berjalan jika anak masih sering mengkonsumsi ASI.

Setidaknya, hanya dalam beberapa waktu saja proses ASI ini diberikan kepada anak. Dengan pemberian ASI yang jarang membuat anak semakin paham. Bahwa sudah bukan waktunya lagi dalam mengkonsumsi ASI. Jadi, sudah tidak akan kebiasaan lagi anak mengkonsumsi ASI.

Berikan MPASI Yang Tepat

Makanan pendamping ASI juga bisa dipakai dalam proses menyapih. Justru, hal inilah yang memang harus dilakukan. Biasanya, anak mengkonsumsi ASI untuk pemenuhan nutrisinya. Kini, hanya dengan MPASI saja yang sudah bisa digunakan kepada anak. Bermacam MPASI bisa dibuat dengan mudah. Terpenting, memiliki manfaat untuk kesehatannya.

Apa saja MPASI yang disarankan untuk si kecil? Seperti sayuran dan buah-buahan. Bahkan, anda bisa memadukan keduanya. Perpaduan dari buah dan sayuran ini memiliki manfaat yang banyak. Pemberian MPASI juga harus dengan benar. Seperti pada pagi hari sebagai konsumsi untuk sarapan pagi si kecil.

Ajak Anak Bermain Di Luar

Mengapa proses menyapih harus dilakukan dengan mengajak bermain di luar? Jika anak bermain diluar kemudian lapar, maka bisa diberikan makanan pendamping. Lalu, apa bedanya jika bermain didalam ruangan? anak cenderung lebih menginginkan untuk bisa mengkonsumsi ASI. Karena, pemahaman inilah yang memang harus diubah.

Anak juga terkadang memiliki rasa malu saat mengkonsumsi ASI diluar ruangan. Jadi, ajak anak untuk dapat bermain diluar ruangan. Tidak perlu jauh dalam bermainnya, terpenting memiliki tempat yang teduh dan bisa digunakan bermain bersama-sama.

Berikan Susu Yang Tepat

Susu yang diberikan kepada anak saat proses menyapih memang diperlukan. Pemberian susu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dari anak. Jangan sampai, anak anda tidak menyukai susu tersebut dan lebih memilih ASI. Cobalah para ibu memberikan susu yang tepat bagi anak.

Caranya, dengan memilih rasa susu yang disukai anak-anak. Namun, pastikan untuk tidak memilih susu yang memiliki banyak glukosa. Karena, hal ini bisa berbahaya untuk kesehatan anda. Pilih yang disukai anak dan sehat untuk kesehatannya. Jadi, manfaatnya akan terasa pada anak!

Nah, itulah cara menyapih anak yang bisa bunda lakukan. Ternyata, memang tidak sulit untuk menyapih anak. Terpenting, untuk melakukannya anda haruslah dengan tepat. Jangan salah dalam proses menyapih ini. Semoga bermanfaat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *