Berita Lampung Terkini

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung Siap Beroperasi Besok

Lampungway.com. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung Siap Beroperasi Besok. Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini, rencananya akan dibuka untuk umum Sabtu 16 November 2019.

“Besok dibuka jam 6 pagi,” ujar Dirut Hutama Karya, Bintang Perbowo, di pintu tol Simpang Pematang, Jumat 15 November 2019.

Menurutnya, ruas tersebut sudah melalui uji layak operasi dari Departemen Pekerjaan Umum, Dirjen Bina Marga.

“Jalan siap untuk operasi, sudah sesuai ketentuan,” paparnya.

Kemudian, pihaknya juga terus mempercepat pembangunan rest area di sepanjang JTTS guna memanjakan pengendara. Diantaranya rest area yang sedang dalam tahap perampungan yakni di KM 87, KM 215, dan KM 234.

“Selain itu kami sediakan 12 SPBU Portable,” katanya.

Sementara Kepala Balai Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit mengatakan, ada dua hal yang diharapkan pada Hutama Karya selaku pengelola  JTTS.

Pertama diharapkan sudah bisa beroperasi secepat mungkin, kemudian adanya upaya promosi ke masyarakat khususnya tarif  agar masyarakat bisa mengetahui dan langsung memanfaatkannya.

“Kalau presiden bisa memerintahkan besok beroperasi, langsung dioperasikan,” katanya.

Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Jumat, 15 November 2019 di Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240 Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, Mesuji, Lampung Pukul 15.00 WIB

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim juga memposting informasi tersebut melalu media sosial instagram pribadinya. Ia menyampaikan bahwa Ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung akan diresmikan.

“Tol Terbanggi – Kayu Agung insyallah jumat akan diresmikan Presiden, seneng gaaak??? Pariwisata dari Sumsel ke Lampung makin lancar dong.. peluang ini,” kata Wakil Gubernur Lampung Chusnunnia Chalim di Instagram pribadi miliknya, Rabu (13/11/2019)

“Yang sudah ditunggu lama….segeraaa cuuuzzz ke Mesuji cepat banget…yang dari Palembang juga cepet sekali ke Lampung…potensi pariwisata meningkat loohhh….yuuukkk bergerakk produktif memanfaatkan ini.. yang senang sudah lama nunggu peresmian tol mana suaraaaanyaaa,” tulis Mantan Bupati Lampung Timur ini.

Begitu juga saat mengkonfirmasi Pimpinan Proyek Ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang, Bambang Eko. Ia membenarkan bahwa Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Jumat. “Iya benar,” kata Bambang saat dikonfimasi via WhatsApp.

Sebelumnya ia juga pernah mengatakan sepanjang ruas jalan Terbanggi Besar sampai Pematang Panggang progres jalan sudah 100%. Ada 5 res area yang disiapkan dari Terbanggi Besar – Pematang Panggang. Namun yang sudah siap Rest Area Way Kenanga Tulang Bawang Barat, KM 215.

“Progres jalan sudah 100%, tinggal peresmian saja. Untuk Rest Area 215 ada 45 boot yang akan diisi oleh binaan BRI,l dan Kabupaten/Kota. Selain itu juga kita sudah koordinasi dengan pihak tol, setelah tol diresmikan maka bisa digunakan dan sudah berfungsi oleh publik,” katanya.

JTTS Ruas Jalan Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung tersebut dengan panjang 189,2 km. Sebelumnya Jalan Tol ruas Jalan Bakauheni – Terbanggi Besar dengan panjang 140,7 km telah beroperasi dengan 6 lokasi res area yang terus dikebut pembangunannya.

Rekor Muri

Kemudian ketika disinggung mengenai pemecahan rekor muri karena tol Lampung merupakan tol terpanjang dan tercepat dan agenda serah terima penghargaan rekor. Bambang Eko mengatakan bahwa hal tersebut masih dibicarakan.

“Karena ini mendadak masih dibicarakan. Kitanya sudah lama siap, saya diberitahu pukul 16 sore tadi padahal rencananya mau lihat lokasi, tiba-tiba jadi peresmiaan,” kata Bambang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *