Di Sela Sosialisasi UU KPK, Taufik Basari Beri Bantuan Bahan Pangan Ke Masyarakat Terdampak Covid-19

Bandarlampung (LW): Anggota komisi III DPR RI Taufik Basari menggelar sosialisasi Undang-Undang KPK nomor 19 tahun 2019 yang telah resmi berlaku sejak 17 Oktober 2019 lalu.

Menurut Taufik, UU KPK tersebut tidak memuat unsur pelemahan. Dengan adanya UU KPK yang baru ini, posisi KPK justru diperkuat dengan adanya sejumlah penambahan di dalam beberapa pasal.

Taufik di hadapan peserta sosialisasi Undang-Undang KPK menyebutkan, salah satu poin penguatan dalam UU ini yaitu adanya posisi Dewan Pengawas yang bisa mengontrol tugas dan fungsi KPK dalam melakukan pencegahan dan penindakan.

Meski ada sejumlah pihak yang menyoal posisi Dewan Pengawas dan mekanisme penyadapan yang harus mendapat izin terlebih dahulu, Taufik menilai hal itu tidak mengandung unsur politis, melainkan justru akan menjaga marwah KPK sebagai lembaga penegak hukum independen yang bekerja dengan profesional sesuai aturan yang berlaku.

“Jangan sampai ada oknum yang merasa KPK adalah lembaga superbody yang tidak bisa dikontrol dan tersentuh oleh siapa pun, nah ini yang perlu diluruskan, KPK bisa dikenakan hak angket sebagai bagian mekanisme checks and balances” terang Taufik, melalui tenaga ahlinya Zainal Abidin (9/6).

Sosialisasi UU KPK yang dihadiri berbagai kalangan masyarakat di Lampung ini, juga mendapatkan bantuan bahan pangan dari Taufik Basari, yang diwakili oleh Tenaga Ahlinya. “Bahan pangan yang kita sampaikan ke masyarakat ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat akibat Pandemi Covid 19, Pak Taufik juga berpesan, agar masyarakat sabar dalam menghadapi Pandemi ini dan selalu menjalankan protocol kesehatan, gunakan masker dan selalu rajin cuci tangan,” ujar Zainal Abidin.

Pada kegiatan kali ini, Taufik membagikan bahan pangan seperti beras, minyak, makanan kaleng dan masker ke berbagai wilayah di Lampung. Kegiatan ini juga didampingi oleh beberapa pengurus Partai NasDem dari tingkat Dewan Pimpinan Wilayah dan juga pengurus tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD). (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *