Reses di Pesawaran, Taufik Basari Minta Tingkatkan Kapasitas Pelayanan Perempuan dan Anak

Pesawaran (LW): Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari melangsungkan giat reses di Mapolres Pesawaran, Lampung (24/7).

Dalam Reses tersebut, Taufik Basari meminta untuk tingkatkan kapasitas pelayanan perempuan dan anak.

Kapolres Pesawaran AKBP. Vero Aria Radmantyo, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas Reses yang dilakukan oleh Komisi III DPR RI ke Mapolres Pesawaran. Kapolres juga menyampaikan apa yang menjadi keluhan Polres Pesawaran, khususnya kurangnya Mapolsek yang ada untuk membackup 11 kecamatan.

Pada kesempatan yang sama, Kabag Ops Polres Pesawaran KOMPOL Yohanis, SH., MH. Juga memaparkan situasi Kamtibmas yang ada di Kabupaten Pesawaran, yang terhormat Anggota DPR RI Taufik Basari, SH., S.HUM., LL.M dan rekan–rekan Fraksi Nasdem, Bapak Kapolres Pesawaran AKBP. Vero Radmantyo, S.Ik., MH, rekan–rekan PJU Polres Pesawaran dan rekan–rekan Polsek jajaran Polres Pesawaran.

Izin saya untuk memamparkan situasi Kamtibmas yang ada di Kabupaten Pesawaran dalam penanganan tindak pidana tahun 2020 di Kabupaten Pesawaran, untuk saat ini menurun jika dibandingkan di tahun 2019. Kemudian dalam pengungkapan kasus Narkoba di bulan Januari sampai Juli Tahun 2020 sebanyak 47 kasus, dan dalam pelaksanaan penyidikan di Unit PPA Sat Reskrim Polres Pesawaran ada 8 berkas yang dimana 6 berkas sudah dalam tahap P21 dan 2 berkas lainnya dalam proses pendidikan,” jelasnya.

“Secara keseluruhan kasus yang terjadi di Polres Pesawaran turun 0.5%. Kecelakaan Lalu Lintas dari tahun 2019 turun 31%, kasus menonjol di bulan Maret 2020 yaitu kasus narkoba dengan barang bukti 26 gram sabu dan kasus pembunuhan dalam waktu 24 jam pelaku telah ditangkap dan sudah diamankan di Rutan Makko Polres Pesawaran kemudian dalam tahap penyelesaian pemberkasan,” tambahnya.

Menanggapi hal ini, Taufik Basari mengatakan, akan menyampaikan ke Kapolri apa yang menjadi PR Polres Pesawaran. Salah satunya Mapolsek yang masih jauh dari kata cukup.

“Saat ini di Pesawaran hanya ada 4 Polsek, dan 1 SubSektor yang harus menjaga Kamtibmas di 1 Kecamatan. Bahkan ada satu Polsek yang membawahi 5 kecamatan, dan itupun jarak antar Kecamatan jauh-jauh. Jadi ini yang nanti akan saya sampaikan ke Pak Kapolri, dan semoga ada realisasi penambahan Mapolsek di Pesawaran ini, khususnya di Daerah Pesisir secepatnya,” katanya.

Taufik Basari juga berharap, Polres Pesawaran dapat meningkatkan kapasitas untuk unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) yang ada di Mapolres Pesawaran.

“Kita ketahui bersama, kasus kekerasan perempuan dan anak setiap tahunnya ada peningkatan, dan yang menjadi sorotan secara Nasional. Ada kasus kekerasan perempuan dan anak yang ada di Provinsi Lampung, maka dari itu, kemarin sudah saya sampaikan kepada Pak Kapolda, agar di Provinsi Lampung ini disetiap Polresnya memberikan perhatian khusus kepada unit-unit Pelayanan Perempuan dan Anak, sehingga setiap unitnya tersebut dapat menjadi kuat. Kalau itu berhasil, Polda Lampung beserta seluruh jajaran Polres-Polres dapat menjadi rujukan seluruh Polda yang ada, dengan segala persuasinya untuk meningkatan dan perhatian khusus untuk unit PPA nya, untuk menekan angka kekerasa terhadap Perempuan dan Anak,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *