Taufik Basari: Pokok-pokok Haluan Negara Dorong Pembangunan Provinsi Lampung

Bandarlampung (LW): Ketua Fraksi Partai NasDem MPR RI Taufik Basari melakukan kunjungan kerjanya ke Lampung Selatan dalam rangka Dengar Pendapat dengan Tema Pokok-Pokok Haluan Negara yang dilaksanakan Sabtu (14/11).

Dalam arahannya, Taufik menyampaikan bahwa negara kita sudah tidak adalagi Garis Besar Haluan Negara, sehingga tidak ada lagi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional, efeknya adalah diberinya kebebasan bagi Pemerintah untuk membuat program-program pembangunan.

“Haluan negara sebetulnya baik, agar pembangunan Negara kita dapat berjalan secara berkesinambungan walaupun Presiden Indonesia berganti, tapi dengan catatan pemerintah juga diberikan keleluasaan dan kreativitas dalam pembangunan Negara, jadi haluan negara ini sifatnya sebagai rujukan atau pedoman,” ujar Taufik.

Sebagaimana kita ketahui, dalam UUD 1945, pemerintah negara Indonesia harus melindungi seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan bangsa dan melaksanakan ketertiban dunia. Setelah adanya otonomi daerah, maka banyak pembangunan-pembangunan yang tidak sejalan atau terjadinya disharmoniasasi pembangunan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, sehingga terjadi ketimpangan pembangunan nasional. Pokok haluan Negara dalam hal pembangunan ini nantinya tidak hanya berlakuk bagi pemerintah pusat saja, tetapi bagi segenap lembaga negara, bahkan sampai dengan ketingkat pemerintah daerah kota/kabupaten.

Sebagai masukan dari masyarakat Lampung Selatan, haluan negara memang diperlukan, tetapi harus ebenar-benar memihak kepada rakyat kecil, dan tidak ada lagi perbedaan pembangunan antara wilayah lainnya. “Pak Taufik, kami petani dan peternak, sekarang ini mudah menjual hasil kami, karena adanya program koperasi membeli dengan harga yang bagus, tapi kami khawatir program itu bisa saja berhenti kalau pemerintah berganti, mudah-mudahan hal yang begini dapat diselesaikan pak, lewat haluan yang tadi bapak sampaikan.” ujar salah satu peserta.

Menanggapi hal itu, Taufik berharap program-program pemerintah baik pusat maupun daerah dapat terus berkelanjutan, utamanya mewujudkan Lampung sebagai salah satu Lumbung Pangan Nasional. Selama ini Taufik juga menyemangati dan meminta para petani untuk siap dan membantu mewujudkan Lampung sebagai salah satu Lumbung Pangan Nasional. Diharapkan adanya haluan yang nyata sebagai rujukan bagi pemerintah pusat dan daerah untuk pembangunan Indonesia.

Kegiatan Dengar Pendapat ini sangat disambut baik oleh para peserta, karena kegiatan ini dapat langsung mendengar keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat. itupula kegiatan ini pun sangat memperhatikan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran virus corona dan mencegah timbulnya cluster-cluster baru. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *