Sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan, Taufik Basari Tekankan Pentingnya Gotong Royong

Bandarlampung (LW): Ketua Fraksi NasDem MPR yang juga Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI, Taufik Basari mengatakan, semangat gotong royong harus terus dipupuk dan dijaga sebagai salah satu nilai kebersamaan dalam hidup bermasyarakat.

Manfaat gotong royong bisa melahirkan masyarakat yang memiliki rasa kebersamaan yang tinggi, rasa toleransi, senasib sepenanggungan, mampu melakukan sesuatu dengan membantu tanpa pamrih.

“Selain membentuk masyarakat memiliki rasa kebersamaan yang tinggi, semangat gotong royong juga menjadi perekat persatuan antar sesama,” ungkap Taufik saat melakukan kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI pada 24 November 2020 di Sukarame, Bandar Lampung.

Kegiatan sosialisasi empat pilar yang dihadiri 165 peserta ini menyasar masyarakat biasa terutama kelompok tani, nelayan dan buruh kasar. Pemahaman terhadap nilai-nilai pancasila lanjut Taufik, harus dibumikan tanpa mengenal golongan, adat istiadat, agama dan suku. Pancasila menurut Taufik, merupakan pijakan paling utama dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat. Terjaganya persatuan bangsa Indonesia hanya bisa terwujud selama Pancasila masih menjadi landasannya.

“Untuk itu pemahaman dan penghayatan terhadap Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya harus terus dijaga dan dipelihara. Apalagi sejak awal perumusannya, Pancasila merupakan nilai luhur yang ditujukan sebagai pedoman hidup seluruh warga negara Indonesia,” jelas Taufik. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *