Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Lingkungan

Bandarlampung (LW): Upaya menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan. Meskipun pemerintah telah menjamin keamanan kita selaku warga negara, masyarakat harus tetap bertanggung jawab atas keamanan lingkungan masing-masing.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI Taufik Basari saat melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Pengajaran, Teluk Betung Utara kota Bandar Lampung (8/12).

“Dari dulu kita telah mengenal adanya program pengamanan oleh masyarakat yang sebenarnya sangat efektif jika dilaksanakan dengan baik. Program itu adalah sistem keamanan lingkungan atau yang biasa kita disingkat dengan Siskamling” jelas Taufik Basari.

Program pemberdayaan masyarakat ini lanjut Taufik, bila dilakukan melalui giat-giat operasional perlindungan masyarakat seperti patrol dan penjagaan kawasan, bisa menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan.

Keamanan merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat di suatu wilayah, baik di kota maupun di Perdesaan. “Apabila keamanan di lingkungan sudah tidak ada, maka sudah pasti kita merasa sudah tidak nyaman lagi untuk menetap di lingkungan tersebut,” ungkapnya.

Manfaat dari kegiatan Siskamling, lanjut Taufik, bukan hanya semata-mata untuk menjaga keamanan, tetapi bisa sebagai sarana untuk silaturahmi atau saling mengenal sesama warga di satu lingkungan. Dengan kegiatan Siskamling, diharapkan dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan dan pembunuhan. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *