HOT News

Universitas Trisakti dalam Penguatan Pelaku UMKM di Masa Pandemi

Lampungway.com- Hampir genap 1 tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia yang secara langsung berdampak pada berbagai lapisan masyarakat di berbagai lini, tidak luput di antaranya para pelaku UMKM.

Perlakuan Social Distancing yang diberlakukan pemerintah, sangat membuat pelaku ekonomi, terutama UMKM menengah ke bawah terpaksa harus gulng tikar.

Dalam meminimalisir kondisi keterpurukan UMKM di Lampung Selatan, Universitas Trisakti memberikan penguatan bagi pelaku UMKM khususnya di dusun Krajan desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan.

Dikomandoi para mentor seperti Iwan Purwanto, S.Kom., MTI., MOS., Ir. Adrian Sjamsul Qamar, MTI., Dr. Laser Narindro, ST. MMSI., dan Dr. Dadang Surjasa, SSi, MT, kegiatan yang berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Industri tersebut lebih menekankan kepada proses pemasaran produk berbasis Teknologi Informasi.

Konsep yang diajarkan adalah proses Analisa produk, desain foto, pengeditan video, analisa pemasaran online, sistem upload ke berbagai media sosial, hingga sistem perawatan dan pelayanan konsumen.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 16 – 31 Januari 2021,merupakan kegiatan dengan sistem pendampingan, yang dilakukan secara offline dan online. Selain pendampingan, peserta juga diberikan quota unlimited, guna membantu proses pendampingan yang dilakukan secara daring (on line).

Sistem ini menjadi konsep pilihan para fasilitator mengingat, 65% pelaku UMKM di lokasi tersebut mengalami penurunan omset bahkan tutup akibat pandei Covid 19.

Kegiatan diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari para penggiat UMKM baik yang masih berjalan atau pun yang sudah terpaksa tutup namun memiliki keinginan untuk terus membangkitkan UMKM-nya.

Warga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, hal tersebut dibuktikan dengan membludaknya jumlah peserta. Banyak warga yang akan mengikuti harus merasa kecewa dikarenakan kuota yang disediakan sangat terbatas. Dari jumlah awal yang hanya disediakan 40 kursi, bertambah menjadi 60, hal itu pun masih menimbulhan antrian jumlah calon peserta.

Pembatasan jumlah peserta diberlakukan mengingat peraturan yang berlaku dalam pengadaan kegiatan yang dilakukan secara offline dalam masa pandemi ini.

Universitas Trisakti berharap, pelatihan yang diberikan ini mampu meminimalisir adanya keterpurukan pelaku UMKM, dan memotifasi para pelaku UMKM untuk dapar terus memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin dalam dunia bisnis, serta siap kopetisi dalam persaingan perdagangan global. (*/LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *