Aprilliati: Mau Didenda Rp1 juta Apa Beli Masker Rp5 ribu?

Bandarlampung (LW): Jumlah pasien terpapar Covid-19 di Provinsi Lampung, khususnya Bandarlampung makin melonjak tiap harinya. Ini tentunya perlu peran serta pemerintah dan masyarakat dalam berkoordinasi memutus mata rantai penyebaran virus yang berasal dari Wuhan China tersebut.

Hal ini menjadi topik utama dalam agenda sosialisasi peraturan daerah Provinsi Lampung nomor 3 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 yang digelar anggota DPRD provinsi Lampung Aprilliati, di Kecamatan Enggal, Rabu (27/01).

Tetap menggunakan protokol kesehatan, dengan pengecekan suhu tubuh, memakai masker, menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak, Sosialisasi Perda tentang adaptasi kebiasaan baru ini dilakukan untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan dan pemahaman tentang sanksi yang berlaku dalam pelanggaran prokes.

“Masyarakat harus mengetahui tentang perda yang sudah disahkan untuk dapat menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari, supaya masyarakat dapat memahami adanya perda ini termaksud dengan sanksi-sanksi yang dapat menjerat masyarakat jika tidak mematuhi peraturan protokol kesehatan,” ucapnya.

Sanksi yang di berlakukan, dari hukum sampai denda sebesar Rp 1 juta rupiah diharapkan dapat memberikan efek jera dan masyarakat lebih mematuhi protokol kesehatan.

“Sanski itu sebagai efek jera, supaya masyarakat lebih mematuhi protokol kesehatan, kan lebih baik membeli masker dan memakainya dari pada harus denda Rp 1 juta rupiah. Mau didenda Rp1 juta apa beli masker Rp5 ribu?” ucap ketua Fraksi PDIP Lampung ini.

Sementara, Kalpitama perwakilan Kecamatan Enggal mengatakan, kegiatan sosialisasi Perda ini sangat membantu masyarakat untuk dapat mengetahui tentang protokol kesehatan dan penerapan kebiasaan baru.

“Kami berterimakasih karna sudah dilibatkan dalam memberikan ilmu dan pemahaman tentang kebiasaan baru yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Di akhir acara, Aprilliati membagikan bantuan uang tunai kepada audiens yang hadir guna meringankan sedikit beban di tengah Pandemi Covid 19. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *