Berita Lampung Terkini

FKIP UMPTB Bedah Buku Online

Tulangbawang (LW): Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megou Pak Tulang Bawang (UMPTB) menggelar acara bedah buku secara daring/online pada Kamis (4/2).

Buku yang dilaunching dan dibedah berjudul “Filsafat Pendidikan” Karya Prof. Dr. Endang Komara, M.Si. yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina Universitas Megou Pak Tulang Bawang.

Hadir dalam acara bedah buku tersebut sebagai narasumber yaitu Prof. Dr. Endang Komara, M.Si selaku penulis buku, dan dua orang narasumber lainnya sebagai pembahas/pembedah buku yaitu Prof. Dr. Suranto Aw, M.Pd., M.Si. akademisi dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan Prof. Dr. Nirva Diana, M.Pd. akademisi dari UIN Raden Intan Lampung.

Acara bedah buku yang dimulai sejak pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB juga dihadiri oleh civitas akademika Universitas Megou Pak Tulang Bawang, Rektor UMPTB Dr. Triono, M.I.P.; Dekan FKIP Edi Susanto, M.Pd., unsur pimpinan UMPTB dan peserta webinar bedah buku yang berasal dari kalangan dosen, guru, mahasiswa, dan umum dari berbagai daerah di Indonesia.

Dekan FKIP Edi Susanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa peserta webinar ini yang mendaftar sebanyak 556 orang yang berasal dari berbagai instansi di Indonesia.

“Atas nama FKIP UMPTB, saya menyampaikan terima kasih kepada para narasumber dan peserta atas partisipasinya dalam acara webinar bedah buku ini,” ucapnya.

Rektor UMPTB Dr. Triono, M.I.P. dalam sambutan pengantar webinar mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada FKIP UMPTB atas terselenggaranya acara webinar bedah buku ini. Rektor UMPTB ini juga mengucapkan terima kasih kepada para narasumber dan peserta webinar atas partisipasi dan kekikutsertaannya dalam acara webinar ini.

“Kami berharap dengan diadakannya acara webinar bedah buku ini, menjadi inspirasi bagi semua kalangan khususnya para guru, dosen, dan mahasiswa untuk terus semangat belajar dan berkarya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” tuturnya.

Triono menambahkan, kondisi pandemi covid-19 yang terjadi saat ini jangan menjadi penghalang untuk terus tetap belajar dan berinovasi untuk membangun negeri, sarana-sarana yang ada secara daring (online) harus dimanfaatkan secara maksimal untuk tetap bisa berkarya dimanapun kita berada.

Sementara, Prof. Endang Komara selaku penulis buku dan narasumber pertama dalam paparannya menjelaskan bahwa buku ini disusun sejak tahun 2019 sampai akhir 2020 dan baru dapat dicetak di awal tahun 2021. Jiwa pendidik yang mengalir dalam tubuhnya membuat Prof. Endang terus berusaha berkarya dalam menjalani karirnya mulai dari guru hingga dosen. Buku Filsafat Pendidikan setebal 221 halaman ini merupakan buku karyanya yang ke-14.

“Saya berharap dengan hobi menulis dapat menjadi inspirasi untuk anak-anak dan orang lain, bahwa berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” kata dia.

Narasumber kedua Prof. Dr. Nirva Diana, M.Pd. dalam paparannya menjelaskan bahwa buku Filsafat Pendidikan karya Prof. Endang Komara ini sangat bagus sebagai referensi keilmuan bagi kalangan akademisi, persepsi kajian filsafat yang cenderung dianggap sulit, dalam buku ini disajikan dengan bahasa ringan dan mudah dipahami. Prof. Diana juga menjelaskan bahwa manusia ketika terlahir ke dunia telah dibekali 4R (raga, rasa, rasio, dan religi), nilai-nilai fitrah insani inilah yang perlu terus dikembangkan oleh setiap kita dalam meningkatkan potensi diri untuk terus belajar, berkarya, dan berguna bagi sesama.

Senada, narasumber ketiga Prof. Dr. Suranto Aw, M.Pd., M.Si. menyambut baik terbitnya buku Filsafat Pendidikan ini, dalam paparannya Prof. Suranto menyebutkan bahwa poin penting buku ini ada dalam pembahasan pada Bab III, dimana nilai-nilai filsafat ilmu meliputi aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi perlu dipelajari.

Prof. Suranto menambahkan dalam filosofi pendidikan, landasan pendidikan dan pembelajaran adalah gagasan, keyakinan, dan prinsip yang dijadikan titik tolak atau pijakan dalam rangka berpikir untuk melakukan praktik pendidikan dan pembelajaran.

Acara bedah buku yang dimoderatori oleh Rudi Irawan, M.Pd. selaku sekretaris LLPM UMPTB berlangsung dengan lancar dan walaupun dilaksanakan secara daring diskusi tersebut tetap menarik dan interaktif antara peserta dengan para narasumber. (LW)

Responses (2)

  1. Kreatifitas semacam inilah yang harus ditumbuh kembangkan semua kalangan pada masa pandemi yang tidak menentu berakhirnya dalam mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas, smangat smangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *