Hadapi Serbuan Produk Luar, Taufik Basari Ajak Masyarakat Ramah dengan Produk Lokal

Bandarlampung (LW): Anggota DPR/MPR RI Taufik Basari mengingatkan masyarakat akan pentingnya menggunakan produk lokal terutama di tengah pandemi covid-19.

Penggunaan produk lokal menurut Taufik, bisa memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Indonesia terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan Taufik saat menggelar kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Tanjung Karang Pusat kota Bandar Lampung pada 6 Februari 2021. Taufik mencontohkan, dengan membeli produk UMKM seperti kerajinan tangan, kuliner dan pakaian, bisa mendorong produktivitas usaha termasuk menyerap tenaga kerja lokal.

“Kalau beli produk lokal dari usaha UMKM kan usahanya bisa tetap jalan, bisa tetap produktif. Nah kalau permintaan stabil bahkan naik, otomatis bisa menyerap tenaga kerja. Ini yang kita butuhkan,” katanya.

Taufik yang rencananya juga akan berdialog dengan beberapa pelaku usaha UMKM di Bandar Lampung ini mengatakan akan meminta fraksi NasDem yang ada di Lampung, untuk mendorong penguatan sektor UMKM dengan membuka akses dan kemudaan bagi pelaku UMKM.

“Dari fraksi NasDem akan memperhatikan hal ini. Legislator dan pemerintah (eksekutif) akan sejalan dalam penguatan sektor UMKM. Kita akan kawal kebijakan dan stimulus yang diberikan pemerintah, akan kita bantu aksesnya dan kita pastikan tepat sasaran,” harapnya.

Kegiatan yang digelar Taufik Basari di Bandar Lampung ini menghadirkan beberapa pelaku usaha, kelompok tani, nelayan hingga kelompok pemuda. Rencananya kegiatan yang sama juga akan digelar di kabupaten lain untuk menguatkan nilai-nilai kebangsaan. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *