HOT News

Cara Bisnis Laundry Sepatu

Cara Bisnis Laundry Sepatu bagi Pemula ditengah Pandemi Covid-19

Cara Bisnis Laundry Sepatu bagi Pemula ditengah Pandemi Covid-19. Bisnis laundry sepatu menjadi salah satu konsep usaha yang memiliki prospek cerah dengan perencanaan yang tidak terlalu rumit dan modal yang tidak terlalu besar.

Bagaimana Cara Bisnis Laundry Sepatu bagi Pemula ditengah Pandemi Covid-19? Selama beberapa tahun terakhir bisnis laundry sepatu semakin populer, namun serangan panndemi Covid-19 ternyata membawa dampak yang luar biasa merugikan pada hampir semua sektor bisnis.

Meski saat ini jumlah pemain bisnis Laundry Sepatu terbilang cukup sedikit, namun kondisi maysrakat yang terdampak covid-19 juga membawa perubahan yang sangat besar dalam pengelolan usaha Laundru Sepatu.

Tips Memulai Bisnis Laundry Sepatu untuk Pemula di tengah Pandemi Covid-19

Sesungguhnya, untuk memulai bisnis laundry sepatu tidaklah terlalu sulit, namun bukan berarti tidak memerlukan persiapan yang matang, sehingga modal yang telah di investasikan tidak dapat kembali dan hasil tidak ada.

1. Butuh Pengetahuan yang mendalam tentang Merawat Sepatu

Kebanyakan pemilik usaha laundry sepatu didasari pada seorang kolektor sepatu, jadi tak heran jika pengusaha laundry sepatu sudah menguasai teknik dan cara cara merawat sepatu.

Namun bagi Anda yang masih awam dengan dunia sepatu, jangan berkecil hati, karena semua bisa dipelajari dengan memanfaatkan teknologi informasi diantaranya Youtube. Banyak sekali informasi dan ilmu-ilmu terkait binsis laundry sepatu.

Atau jika Anda tidak ingin belajar secara otodidak, bisa mengikuti kursus shoe cleaning yang tentu akan sangat bermanfaat, karena tak hanya diajari tentang proses pencucian sepatu, namun juga bagaimana berbisnis Laundry Cuci Sepatu.

2. Pemilihan Bahan dan Peralatan yang Sesuai

Pemilihan bahan dan alat untuk membersikan dan mencuci sepatu memang tidak sebarangan, pemilihan sabun, dan detergen harus tepat. Jadi cobalah cari tahu detergent apa yang digunakan untuk mencuci sepatu.

Pemilihan alat-alat untuk membersihkan sepatu serta mesin pengering sepatu harus tepat, mengingat tidak semua jenis sepatu bisa dibersihkan menggunakan mesin otomatis.

Ada beberapa jenis sepatu membutuhkan perawatan secara manual agar kondisi tetap terjaga, bahkan tidak sedikit proses laundry untuk sebuah sepatu bisa menghabiskan waktu hingga mingguan.

3. Piih Strategi Pemasaran yang Tepat dan Efektif

Dalam bisnis apapun, strategi pemasaran merupakan elemen yang memiliki peranana paling vital untuk mencapai target penjualan atau omzet yang diharapkan.

Secara umum, target bisnis Laundry sepatu menyasar kepada orang-orang yang cukup up to date dengan informasi, terutama fesyen dan style terutama pemburu sepatu mahal.

Sehingga Anda bisa lebih spesifik menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif, dan saat ini, menggunakan media sosial masih sangat baik untuk tempat pemasaran.

Anda bisa juga memanfaatkan layanan SMS broadcast dengan filter sesuai segmen yang diinginkan, saat ini hampir semua provider telekomunikasi juga telah menyediakan SMS broadcast, tentu saja harus memerlukan biaya promosi yang lebih.

4. Berikan Nilai Lebih dalam Pelayanan

Nilai lebih terkadang dianggap sepele, namun sangat mampu mendongkrat omzet, meski hal tersebut sederhana, tapi terkadang bisa menyentuh hati para konsumen, hal inilah yang akan menciptakan loyalitas kepada pelanggan untuk mempercayakan sepatunya Anda cuci dan rawat.

Nilai lebih yang Anda tawarkan tidaklah harus berupa harga yang lebih murah dari jenis usaha yang sama, namun dengan pelayanan antar-jemput sepatu, bisa juga menjadi nilai lebih, apalagi di masa pandemi covid-19 seperti ini, banyak orang yang terdampak dan terkena PSBB sehingga sulit untuk keluar rumah, sehingga bisa dimanfaatkan untuk jemput sepatu.

Selain itu,  potongan harga bagi pelanggan baru  juga bisa dilakukan, gunakan potongan harga di event-event tertentu, atau juga bisa menggunakan kupon gratis cuci dan rawat jika sudah berapa kali pelanggan mencuci di Laundry Sepatu Anda.

Dan masih banyak cara lain untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggan supaya bisa mempercayai usaha Anda, membangun “trust” kepada pelanggan itu sulit sehingga menjaga pelayanan dan mutu juga harus sellau diperhatikan.

Bahkan tak masalah harega lebih tinggi, tentu akan tetap dipilih pelanggan jika Anda mampu bemberikan nilai yang lebih untuk pelanggan.

5. Jaga Jarak dan Patuhi Protokol Kesehatan dalam Pelayanan

Karena masih dalam pandemi covid-19, memang harus ada perubahan perilaku bisnis yang harus kita lakukan, termasuk bisnis laundry sepatu.

  • Siapkan tempat mencuci tangan lengkapi dengan sabun di depan pintu masuk tempat usaha laundry sepatu, jadi jika ada pelanggan datang wajib untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • pelanggan dan pelayan wajib menggunakan masker, sediakan masker jika diperlukan
  • Gunakan juga sarung tangan sekali pakai untuk para pelayan yang menerima sepatu dari pelanggan
  • jaga jarak antara pelayan dan pelanggan
  • Letakkan sepatu di satu tempat khusus sebelum dilakukan pencucian
  • Selalu cuci tempat khusus sepatu tersebut setelah digunakan

Nah, demikian Cara Bisnis Laundry Sepatu bagi Pemula ditengah Pandemi Covid-19, semoga Anda yang saat ini masih berpikir hendak membuka usaha menjadi termotivasi untuk membuat usaha laundry sepatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *