Berita Lampung Terkini

Hadapi Era Globalisasi, Taufik Basari Ajak Kaum Millenial Berpegang Teguh Nilai-Nilai Pancasila

Bandarlampung (LW): Ketua Fraksi NasDem MPR RI Taufik Basari mengatakan, masyarakat khususnya millennial wajib mendapatkan fondasi moral yang kuat seperti memahami nilai-nilai Pancasila yang telah menadi falsafah dasar bangsa, khususnya pada zaman yang semakin global dan berkembang modern ini.

Nilai-nilai Pancasila yang telah disepakati merupakan nilai-nilai Pancasila kepada rakyat yang dapat memberikan keteguhan mental yang kuat, sehingga tidak mudah terpengaruh budaya yang mungkin bertolak belakang dengan budaya warisan leluhur.

Hal itu disampaikan Taufik saat menggelar kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Susunan Baru, Tanjung Karang Pusat, Lampung pada 07 April 2021 lalu.

Taufik mencontohkan, dengan adaya era globalisasi, kaum millenial jangan sampai melupakan budaya bangsa Indonesia.

“Budaya bangsa ini selalu bersifat gotong royong, saling bantu satu dengan yang lainnya. Misalnya saja, pada saat adanya acara adat, jangan sampai kaum millenial cuek, tetapi harus saling membantu utnuk mewujudkan kegiatan adat, di sumatera misalnya biasanya kaum muda membuat kue dodol secara bersama sambil bercengkrama,” ujarnya.

Kaum millennial untuk selalu bergotong-royong dalam membangun bangsa. Di tengah era globalisasi, batas-batas Negara semakin menipis dan orang semakin mudah berpergian. Kaum millennial harus tetap menjaga eksistensi Indonesia dan mencegah disintegrasi bangsa, sebagaiman dimaksud dalam sila ke 3 Pancasila.

Selain itu juga sila ke 4 yang berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.” Mengingatkan generasi muda untuk selalu bersikap demokratis dengan mementingkan aspek bermusyawarah dan mufakat dalam meraih suatu keputusan. Taufik berharap agar kaum millenial dalam menghadapi suatu perbedaan pendapat harus mengedepankan demokrasi.

“Demokrasi itu saling menghargai pendapat orang lain, jangan sampai dengan perbedaan pendapat kita menjadi terpecah belah,” ucapnya.

Kegiatan yang digelar Taufik Basari di Bandar Lampung ini digelar beberapa kali dengan menghadirkan para kaum millenial dan pelaku usaha muda untuk menjaga protokol kesehatan. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *