HOT News

Inilah Fungsi Zat Besi di dalam Susu untuk Pertumbuhan Anak

Inilah Fungsi Zat Besi di dalam Susu untuk Pertumbuhan Anak

Inilah Fungsi Zat Besi di dalam Susu untuk Pertumbuhan Anak.  Seringkali saat kita sebagai orang tua membeli susu formula mendapati banyak sekali zat yang terkandung di dalam susu, salah satunya adalah Zat Besi. Zat besi tentu tidak mungkin dimasukkan kedalam kandungan susu jika tidak ada fungsi yang mendukung pertumbuhan anak.

Fungsi Zat Besi di dalam Susu menjadi fungsi terpenting dalam tumbuh kembang anak, karena dengan tercukupinya zat besi maka produksi sel darah merah dan menyusun haemoglobin menjadi sesuai dengan kebutuhan tubuh anak sehingga akan meningkatkan kadar oksigen.

Haemoglobin tersebut kemudian akan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga organ tubuh akan mendapatkan oksigen yang cukup dan berguna dalam memperlancar aktivitas metabolisme tubuh anak.

Selain untuk meingkatkan produksi sel darah merah dan menyusun haemoglobin ternyata Fungsi Zat Besi di dalam Susu untuk Pertumbuhan Anak masih banyak lagi.

Fungsi Zat Besi dalam Susu

1. Zat Besi Tingkatkan Kecerdasan Otak

Tercukupinya zat besi dalam tubuh anak, mampu membuat sel darah merah menjadi kaya dengan oksigen sehingga hal tersebut akan membuat otak anak bisa terus berkembang dan bekerja dengan baik. Dan apabila hal tersebut dapat terpenuhi maka akan mampu mengoptimalkan hubungan antar syaraf-syaraf yang ada pada otak. Sehingga kecerdasan otak akan meningkat.

Zat besi dalam susu juga berfungsi untuk meningkakan daya ingat, dan kemampuan berpikir serta akan mampu membuat anak lebih mudah mempelajari hal-hal baru.

2. Zat Besi Tingkatkan produksi kolagen

Zat besi dalam susu juga berfungsi untuk perkembangan enzimatik yang memproduksi Kolagen dalam meningkatkan pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Apabila zat besi dalam tubuh tercukupi maka akan mampu untuk memadatkan dan menguatkan tulang sehingga bisa terhindar dari resiko pengeroposan tulang.

3. Zat besi Bisa menekan anemia

Sudah sering mendengar istilah Anemi khan? iya, anemia adalah suatu keadaan tubuh yang mengalami kekurangan zat besi. Dan masa anak-anak juga sering kali terkena kekurangan zat besi. Apabila anak mengalami Anemia maka hal tersebut bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan organ. anak menjadi pucat, dan juga kurang bertenaga, seringkali tidak nafsu makan dan juga ada ketidaknormalam dalam detak jantung.

4. Zat Besi Mecegah kerontokan rambut

Memiliki rambut yang kuat dan subur memang menjadi dambaan setiap orang, tak terkecuali anak. Jika anak kekurangan zat besi maka akan terjadi kerontokan rambut. Sehingga langkag tepat yang bisa dilakukan adalah memberikan susu yang mengandung zat besi.

Nah, setelah tahuungsi Zat Besi di dalam Susu untuk Pertumbuhan Anak, sebaiknya selalu berikan susu kepada anak secara rutin, baik ASI maupun susu formula yang dilengkapi dengan zat besi, dan untuk itu jangan sampai salah pilih jika membeli susu formula.

Karena zat besi yang terkandung dalam susu sangat berarti dan sangat penting untuk perkembangan system saraf dalam proses mielinisasi, dendritogenesis dan metabolisme saraf serta neurotransmitter.

Dan jika mengalami kekurangan zat besi maka sudah tentu akan mempengaruhi fungsi kognitif, tingkah laku dan pertumbuhan seorang bayi.

Yang perlu diketahui, zat besi juga merupakan sumber energi yang sangat diperlukan otot untuk mendukung ketahanan fisik dan kemampuan bekerja terutama pada anak-anak dan remaja sehingga anak dan remaja harus terus tercukup kebutuhan zat besinya hal tersebut bisa didapat dari berbagai makanan dan juga susu.

Jadi untuk para ibu dan juga ayah, harus sangat memperhatikan saat istri sedang hamil jangan sampai kekurangan zat besi karena hal tersebut bisa meningkatkan risiko perinatal serta kematian pada bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *