Jaga Pintu Geser Mobil agar Tetap Berfungsi, Ini Tips Merawatnya

Leampungway.com. Jaga Pintu Geser Mobil agar Tetap Berfungsi, Ini Tips Merawatnya. Pintu mobil adalah bagian yang kerap kali terlewatkan soal perawatannya. Padahal pintu mobil perannya sangat penting, jika sulit dibuka akan menyulitkan penumpang. Khususnya untuk kendaraan roda empat dengan sliding door.

Kelebihan mobil dengan pintu geser antara lain adalah sistem buka otomatis dan manual. Pintu juga memiliki sensor keselamatan sehingga menghindari resiko terjepit. Banyaknya fitur yang diberikan harus diikuti juga dengan perawatan lebih optimal.

Sistem yang dimiliki pintu geser pada mobil membutuhkan perawatan yang ekstra agar dapat berfungsi dalam waktu yang lama. Bagaimana cara perawatannya Anda bisa menyimaknya di sini.

 

Tips Mudah Perawatan Pintu Geser Pada Mobil

 

Kebanyakan mobil jenis MPV biasanya menggunakan pintu geser karena akan memperluas ruangan. Selain itu akses penumpang keluar masuk kabin mobil juga semakin mudah. Tidak perlu ruang parkir yang luas agar penumpang bisa membuka pintu leluasa.

Masing-masing mobil biasanya menerapkan sistem pintu yang berbeda-beda namun perawatan yang dibutuhkan tetap sama. Apa saja perawatan yang dibutuhkan?

1. Hindari Membuka Pintu Terlalu Cepat

Perawatan bisa dimulai dari bagaimana cara Anda menggunakannya. Pintu geser mobil sebaiknya digunakan pelan-pelan dan jangan terburu-buru. Pintu harus digeser dengan kekuatan ringan karena sistem elektronik akan bekerja membukanya.

Selain itu saat ingin menutup juga biarkan sistem yang bekerja sampai selesai. Karena jika Anda menggeser terlalu cepat akan mengurangi kinerja dari sistem elektriknya. Lama kelamaan akan merusak sistem.

2. Rutin Membersihkan Bagian Rel

Perawatan secara rutin dilakukan dengan membersihkan rel pada mobil. Selama penggunaan pasti ada banyak debu atau kotoran yang melekat. Anda perlu membersihkannya setidaknya dua hari sekali.

Jangan hanya membersihkan ketika sedang mencuci mobil saja. Karena kotoran yang menjadi kerak pada rel akan menghambat aktivitas kinerja dari rel pintu. Rel pintu juga bisa diberikan pelumas berupa parafin.

Pelumas ini akan meningkatkan gerakan dari pintu agar semakin halus. Sehingga sistem elektriknya tidak akan bekerja terlalu keras membuka dan menutup pintu.

3. Hindari Mengendarai di Area Banjir

Kerusakan paling sering pada mobil sliding door adalah pintu macet karena air. Biasanya saat mobil menerjang area banjir, air akan masuk ke dalam sistem penggerak. Sehingga bisa terjadi konslet dan sangat berbahaya.

Oleh karena itu sebaiknya hindari terlalu sering melewati area banjir. Jika Anda terpaksa melaluinya, sesampainya di rumah segera cek kondisi pintu. Jika terdapat air pada sistem bagian dalam segera bersihkan.

4. Segera Tutup Pintu Setelah Digunakan

Hanya buka pintu mobil saat dibutuhkan saja dan segera tutup jika sudah selesai. Karena debu akan cepat masuk ke dalam sistem elektrik saat pintu terlalu lama dibuka. Saat membuka sebaiknya lakukan sampai penuh jangan hanya setengah.

Pintu yang segera ditutup menghindari resiko benda asing masuk ke dalam rel yang akan membuat kerusakan nantinya. Jadi perhatikan bagaimana Anda menggunakan pintu mobil di waktu mendatang.

5. Hindari Mengalami Benturan

Pintu geser mobil sangat praktis dan mudah dibuka, tapi saat mengoperasikannya Anda harus melihat area sekitar. Jangan sampai saat pintu dibuka pada bagian belakang mobil atau di sampingnya terdapat barang.

Benturan pada pintu bisa mengakibatkan pengait menjadi patah. Begitu juga saat menutup pintu, pastikan tidak ada benturan yang terjadi. Oleh karena itulah Anda disarankan untuk menggunakan pintu secara perlahan.

Servis Mobil Secara Berkala di Bengkel Resmi Suzuki Area Cirebon

Menghadapi pintu geser mobil yang mengalami seret atau sulit dibuka sebaiknya jangan coba-coba untuk memperbaiki sendiri. Anda harus segera cek ke bengkel resmi terdekat untuk mengetahui permasalahan utamanya.

Selain itu juga, jangan lupakan servis mobil berkala. Anda yang berada di wilayah Cirebon bisa langsung datang ke bengkel resmi Suzuki Cinta Damai Putra Bahagia. Anda bisa mengecek kondisi pintu geser sekaligus mesin dengan teknisi dan alat lengkap.

Apabila Anda kesulitan mencari lokasi bengkel bisa langsung cek di website suzukicintadamai.co.id. Melalui website ini Anda akan diarahkan langsung bengkel Suzuki area Cirebon mana saja yang terdekat.

Jangan lupa pergunakan fitur booking servis agar proses servis berkala Anda tidak perlu repot dengan antrian panjang.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *