Berita Lampung Terkini

Roboguru Aplikasi Artificial Intelligence Bantu Siswa Belajar Secara Digital

Roboguru Aplikasi Artificial Intelligence Bantu Siswa Belajar Secara Digital. Pada saat ini, loncata teknologi memang banyak membawa hal yang cukup positif jika digunakan secara bijak dan benar. Termasuk dalam dunia pendidikan.

Hal tersebut di gagas oleh Ruang Guru yang telah meluncurkan sebuah aplikasi Artificial Intelligence digital yang super keren yang di namai Roboguru.  Roboguru sebagai sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar

Roboguru Aplikasi Artificial Intelligence 

Roboguru sendiri telah diungkapkan oleh Pendiri dan Direktur Produk dan Kerja Sama Ruangguru, Iman Usman yang mengatkan bahwa “Teknologi ini diprediksi akan menjadi salah satu tren di dunia pendidikan di tahun 2021. Tren AI akan menjadi topik penting, dan kita di Ruangguru sudah mulai menerapkan AI dalam berbagai produk dan layanan Ruangguru,” ujar Iman melalui konferensi daring yang dikutip dari cloudcomputing.id.

AI tak hanya digunakan untuk mempelajari algoritma preferensi pengguna secara cerdas dengan adanya rekomendasi, Iman menjelaskan bahwa pihaknya juga tengah mengimplementasian AI di sebut sistem bertajuk Roboguru.

Ketika pengguna atau siswa menemukan pertanyaan yang dirasa sulit, maka siswa tersebut bisa melakukan pengambilan gambar (memfoto) soal kemudian mengunggah ke fitur yang disiapkan.

Selanjutnya Roboguru akan menyediakan jawaban yang juga disertai penjelasan cara menyelesaikan soal tersebut, juga konsep materi pelajaran tersebut.

Dengan memanfaatkan kapabilitas Photo Search dan User Generated Content, Roboguru menjad aplikasi yang paling keren yang bisa digunakan oleh siswa siswi sekolah hanya dengan mengirim foto soal-soal yang dirasa sulit dikerjakan, kemudian sistem akan memberikan rekomendasi materi yang dapat membantu mereka menyelesaikan soal tersebut.

Kini fitur Roboguru telah dikembangkan dan diboyong ke WhatsApp, masih dengan alur proses yang sama, diamna siswa hanya perlu mengirim foto ke akun yang telah ditentukan, maka Roboguru akan secara otomatis memunculkan jawaban beserta penjelasan konsep materi nya dalam waktu beberapa detik.

Kehadiran Roboguru tersebut tentu saja sangat membantu orang tua dan siswa yang kesulitan memecahkan soal pelajaran, sehinga roboguru berhasil memutus jarak, ruang, dan waktu untuk memudahkan anak-anak selama melakukan proses belajar jarak jauh.

Keunggulan Fitur Roboguru

1. Gratis dan Praktis

Roboguru dapat digunakan secara gratis oleh pengguna setiap hari. Selain itu juga praktis untuk digunakan. Berikut mata pelajaran yang diulas dan terdapat di Roboguru, antara lain : Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Sosiologi, Sejarah, Ekonomi

2. Menggunakan Teknologi Canggih Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence

Roboguru dibuat dengan menggunakan teknologi canggih kecerdasan buatan dan siap bekerja layaknya robot untuk membantu menjawab soal-soal sulit dari berbagai mata pelajaran dengan memberikan pembahasan dan rekomendasi konsep video belajar.

3. Dapat Diakses Melalui Whatsapp

Aplikasi Roboguru sudah dapat diakses dengan menggunakan aplikasi WhatsApp sehingga memudahkan siswa mengatasi masalah soal sulit dengan memfoto soal tersebut lalu mengirimkan ke nomor 0815-7815-0000

4. Dapat Digunakan untuk Semua Jenjang Sekolah

Aplikasi Roboguru sangat komplit dan dapat digunakan oleh siswa dari berbagai jenjang sekolah mulai dari siswa SD, SMP, SMA dan SBMPTN/STAN.

Jadi, misalnya kamu sudah berlangganan RuangGuru dan masih SD, SMP, SMA dan SBMPTN/STAN kalian bisa menggunakan fitur ini dan gratis.

Cara Menggunakan Roboguru

1. Cara Pertama (Memanfaatkan Fitur Whatsapp)

Kamu bisa memanfaatkan fitur roboguru melalui WA kalian bisa mengiri pesan ke WA 0815-7815-0000 dan mengetik kata kunci: ROBOGURU.

2. Cara Kedua (Menggunakan Aplikasi Ruangguru)

Cara kedua yang bisa kamu gunakan adalah dengan menginstall aplikasi Ruangguru kemudian login atau daftar akun. Setelahnya, kamu bisa klik fitur Roboguru. Selanjutnya, tinggal bertanya atau memotret soal yang dirasa sulit.

3. Cara Ketiga (Akses Website Resmi Roboguru)

Cara ketiga untuk mengakses fitur Roboguru dari Ruangguru yaitu langsung akses saja ke website resmi dari Roboguru. https://roboguru.ruangguru.com

Ketika kamu masuk di halaman utama dari Roboguru, maka kamu tinggal melakukan login atau daftar. Kemudian klik fitur “Ketik untuk Bertanya” dan selesai! Kamu bisa bertanya sekaligus berdiskusi di website ini.

Jadi, Roboguru Aplikasi Artificial Intelligence Bantu Siswa Belajar Secara Digital ayo segera gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *