Polda Siapkan Vaksinasi Keliling, Ketua DPRD Lampung: Harus Sampai Daerah Terpencil

Bandarlampung (LW): Polda Lampung menggelar apel kesiapan vaksinasi covid-19 keliling, di lapangan Saburai, Bandar Lampung. Apel kesiapan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, Rabu pagi (21/7).

Apel kesiapan tersebut melibatkan personil TNI-Polri, tenaga vaksinator dari Biddokkes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan) Polda Lampung, dan puluhan kendaraan dinas Polda Lampung, serta Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay untuk mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 keliling di Provinsi Lampung.

Dalam amanatnya, Kapolda Lampung menyampaikan, bahwa vaksinasi massal sudah dilaksanakan, namun perlu ditingkatkan lagi.

“Strategi kita adalah mendatangi langsung ke tengah-tengah masyarakat, guna memudahkan masyarakat dalam melaksanakan vaksin, dengan sarana kendaraan dan personil TNI-Polri yang telah disiapkan,” kata Hendro.

Hendro juga menjelaskan, untuk wilayah Kabupaten, Polres jajaran Polda Lampung, dipersilakan manfaatkan kendaraan yang ada, untuk menjangkau daerah daerah pemukiman warga yang akan divaksinasi.

“Karena jangkauan masyarakat serta geografis Lampung sangat luas, Kemudian faktor kondisi fisik masyarakat yang tidak memungkinkan untuk datang ke tempat vaksinasi, sehingga perlu upaya upaya kita untuk mendatangi langsung ke tengah tengah masyarakat, guna percepatan vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

“Negara memerintahkan kita wajib hadir di tengah-tengah masyarakat, makanya ini salah satu langkah kita dalam upaya meningkatkan Vaksinasi di Provinsi Lampung lebih cepat tercapai,” tambah Hendro.

Dikatakan Kapolda, dari 1 juta vaksin yang sudah diterima, saat ini capaian vaksinasi Provinsi Lampung sudah 78 persen.

“Mudah mudahan dengan upaya-upaya yang kita lakukan, dapat mempercepat Proses vaksinasi di Provinsi Lampung,” terang Hendro.

Untuk target vaksinasi covid-19 keliling yang pihaknya laksanakan, khususnya Polri yaitu 29.000 dosis vaksin, kemudian dari pemerintahan daerah, sekitar 37.600 dosis vaksin, semua secara bersama-sama dan terkoordinasi dengan baik antara Pemda dengan TNI-Polri, untuk melaksanakan Vaksinasi covid-19.

“Kami berharap jangan ada ego sektoral, semua yang kita lakukan demi kesehatan masyarakat,” tegas Hendro.

Sementara, Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay mengimbau institusi TNI/POLRI/ASN di Provinsi Lampung harus semakin proaktif untuk mendatangi masyarakat baik di darat maupun di kepulauan termasuk di daerah terpencil, agar program vaksin covid-19 ini bisa terjangkau dan efektif di masyarakat.

“Kegiatan ini tentunya juga harus bersinergi dengan kab/kota hingga keterlibatan di tingkat kelurahan/ kampung/ desa/ pekon agar bagaimana masyarakat bisa tervaksinasi dengan baik,” harapnya. (LW)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *