Reses di Balai Besar Mesuji, Bustami Zainudin Kawal Aspirasi Masyarakat Lampung

Bandarlampung (LW): Wakil Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Bustami Zainudin melaksanakan Reses di Balai Mesuji Sekampung, Bandarlampung, Senin (26/07).

Kedatangan Bustami disambut hangat Kepala Balai (Kabalai) Abdul Muis. Dalam kesempatannya, Bustami mengatakan, kegiatan Reses tersebut dalam rangka pengawasan terhadap UU no 9 tahun 2020 tentang APBN, yang berkaitan dengan pembangunan bidang pertanian dan infrastruktur jaringannya. Dimana pembangunan fisik dilakukan oleh kementerian PU berupa bangunan lanjutan terusan suplesi Way Besai di Waykanan, yakni perbaikan saluran irigasi di dua kecamatan, Banjit dan Baradatu.

“Balai Besar merupakan Mitra Komite II DPD RI. Suplesi Way Besai itu sendiri dibangun mulai 2011. Tentunya, dengan pembangunan yang memakan biaya begitu besar, harus dioptimalkan,” ucap Bustami Zainudin, Senin (26/7).

Menurut Bustami, bukan salurannya saja yang diperbaiki, tetapi juga persawahan untuk menjaga ketahanan pangan kita agar bisa diperluas.

“Potensi yang ada di Waykanan cukup besar. Kalau irigasi ini sudah baik atau sudah selesai dibangun, potensi persawahan yang ada mencapai 1000-2000 ha,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, DPD RI akan mengawal program ini agar betul-betul terwujud. “Karena APBN yang digelontorkan oleh negara untuk suplesi Way Besai itu sangat besar, sayang jika tidak optimal.”

Selain memastikan hal tersebut, dirinya juga bersama beberapa perwakilan kepala kampung dari Waykanan, Lambar dan Lampura menyampaikan beberapa usulan, diantaranya sumur bor, embung, dan juga pencetakan sawah di tempat yang lain, serta pemanfaatan kerja sama embung yang sudah dibangun pemerintah untuk dikelola oleh masyarakat atau pemerintah daerah. (LW)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *