Tamanuri Serap Aspirasi Masyarakat Empat Kabupaten

Lampung (LW): Anggota DPR RI Komisi V dari Fraksi Partai NasDem Drs. H. Tamanuri, MM melakukan kunjungan kerja perseorangan dalam masa reses tahun persidangan V 2021 di empat kabupaten yang ada di daerah pemilihan Lampung 2, meliputi Kabupaten Tulangbawang Barat, Mesuji, Lampung Utara dan Lampung Tengah (16-24 Juli 2021)

Kegiatan dimulai dari Kabupaten Tulangbawang Barat tepatnya di Kecamatan Tulangbawang Tengah. Ada dua Tiyuh (sebutan desa disana) yang menjadi titik kegiatan kunjungan yakni Tiyuh Penumangan Baru dan Tiyuh Candra Kencana. Pada saat kegiatan turut hadir anggota DPRD Kabupaten Tulangbawang Barat dari Fraksi Nasdem Wawan Irawan, SIP dan Drs. H. Sobri serta beberapa Kepalo Tiyuh/Desa yang ada di kecamatan Tulangbawang Tengah.

Tamanuri dalam sambutannya menyampaikan salam kenal dan penjelasan terkait tugas fungsi DPRRI. Kemudian terkait dengan Komisi V, Politisi Senior NasDem tersebut juga menyampaikan bahwa ada banyak program pembangunan untuk desa yang dapat diakses melalui Aspirasi Anggota DPR RI. “Jika komunikasi ini berlanjut secara sinergis, maka ada beberapa program pembangunan yang dapat diusulkan dari setiap desa, seperti BSPS untuk bedah rumah, P3TGAI untuk irigasi tersier pertanian, KOTAKU untuk permukiman padat, PISEW untuk jalan tembus antar desa dan lain sebagainya,” jelas Tamanuri.

Kegiatan dilanjutkan ke lima desa yang ada di kabupaten Mesuji. Kegiatan dipusatkan di Desa Adi Luhur kecamatan Pancajaya berupa peletakan batu pertama program pembangunan KOTAKU. Turut hadir dalam acara tersebut kelima Kepala Desa yang memperoleh program KOTAKU, Asisten 1 Pemkab Mesuji, Anggota DPRD Provinsi Lampung Mardiana, Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Hj. Elviana, Camat Way Serdang, Pancajaya dan Simpang Pematang.

“Program KOTAKU ditujukan untuk meningkatkan pembangunan di desa yang saat ini masih sulit pendanaannya jika mengandalkan dana desa. Oleh sebab itu saya mohon para kepala desa sungguh dapat memanfaatkannya secara maksimal dengan melibatkan masyarakat secara padat karya,” ucap Tamanuri dalam sambutannya.

Tamanuri kemudian menyambangi desa-desa di kecamatan Tanjungraja, Abung Barat, Abung Tengah dan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara. Dalam kunjungannya di beberapa desa yang telah mendapatkan manfaat program pembangunan dari Aspirasi DPRRI, Tamanuri menyakan progress report dari semua pembangunan yang telah dilaksanakan, sembari menyerap aspirasi dan harapan dari masyarakat untuk langkah memperoleh akses pada berbagai program pembangunan lainnya.

Kunjungan kerja diakhiri dengan menyambangi desa Simpang Agung kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Lampung fraksi NasDem Hj. Asih Fatwanita dan delapan kepala desa se-kecamatan Seputih Agung. Pramono kepala desa Seputih Agung dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas bantuan akses program P3TGAI yang telah diperoleh desa Simpang Agung. Ada beberapa aspirasi dan harapan dari kepala desa lainnya yang turut hadir. Mereka bangga dan berterimakasih telah dikunjungi Anggota DPR RI.

Asih Fatwanita menyampaikan bahwa perlu komunikasi dan sinergitas dalam kerjasama membangun desa. Ada wakil rakyat yang mesti dilibatkan, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi dan pusat. Semua kegiatan menerapkan protokol kesehatan dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (*)

Related Posts