Berita Lampung Terkini

Edukasi Pencegahan Covid-19 di Jati Agung, Sahlan Syukur Ajak Masyarakat Sukseskan Program Vaksinasi


Lampung Selatan (LW): Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung mulai melandai. Hal ini terlihat dari tidak ada satupun kabupaten/kota yang berstatus zona merah maupun oranye penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, Cina tersebut.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Komisi II DPRD Lampung Sahlan Syukur mengatakan bahwa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung saat ini sudah mulai dapat dikendalikan. Hal itu menurutnya tak lepas dari mulai tingginya kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan serta mensukseskan program vaksinasi.

“Saat ini pandemi sudah mulai melandai. Ini berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat yang memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga protokol kesehatan dari pemerintah,” jelas Bang Aan -sapaan karib Sahlan Syukur- saat melangsungkan giat sosialisasi peraturan daerah nomor 3 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru dalam pencegahan dan pengendalian virus Covid-19 di Fajar Baru, Jati Agung, Lampung Selatan (17/10).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Lampung tersebut ini juga mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung saat ini sedang gencar melakukan percepatan vaksinasi yang tentunya sangat berguna untuk pembentukan herd immunity.

“Saat ini serbuan vaksinasi di seluruh pelosok daerah di Lampung gencar dilakukan, ini menjadi indikator penting dalam penanganan Covid-19. Karena dengan percepatan vaksinasi ini diharapkan dapat segera membentuk kekebalan kelompok,” kata Bang Aan yang merupakan Anggota DPRD Lampung Dapil Lampung Selatan ini.

Sementara itu, Dra. Nur Prima Qurbani M.Si selalu narasumber dalam agenda tersebut mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi yang digelar Sahlan Syukur. Menurutnya, hal ini menjadi salah satu upaya Pemerintah dalam menekan angka Covid-19 di Provinsi Lampung.

“Melalui Perda ini, kita diberi pemahaman tentang adaptasi kebiasaan baru. Baik itu soal pencegahan, protokol kesehatan hingga sanksi yang diberlakukan untuk para pelanggar prokes,” jelasnya.

Dirinya pun mengajak masyarakat untuk bersatu dalam percepatan penanganan Covid-19 ini. “Kita mesti bersatu dalam menangani Pandemi ini, cara yang paling mudah yakni melakukan vaksinasi. Vaksin halal dan tidak berbahaya, dan juga tidak mematikan,” ucapnya.

Namun menurutnya, percepatan vaksinasi jangan sampai membuat masyarakat lalai dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Status seluruh Kabupaten/Kota di provinsi Lampung sudah masuk di zona kuning, kita optimis Lampung segera masuk zona hijau asalkan masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

“Pemerintah sudah memfasilitasi vaksinasi untuk masyarakat, kita sebagai masyarakat berperan untuk dapat mensukseskan kegiatan tersebut supaya angka penularan pandemi covid-19 dapat menurun,” tutupnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mempercepat program vaksinasi Covid-19 dengan target 12 juta dosis vaksin pada Desember 2021. Saat ini, di Lampung baru terealisasi penyuntikan sebanyak 2,4 juta dosis dari kebutuhan 14,6 juta dosis vaksin. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *