Berita Lampung Terkini

Yose Rizal: Meski Covid-19 Melandai, Prokes Jangan Abai, Ayo Vaksin!


Lampung Utara (LW): Anggota DPRD Lampung Dapil V (Lampung Utara-Waykanan) Yose Rizal kembali turun ke dapil dalam rangka melaksanakan giat sosialisasi peraturan daerah nomor 3 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru dalam pencegahan dan pengendalian Virus Covid-19 di Desa Sri Menanti Kecamatan Tanjungraja, Lampung Utara (20/10).

Dihadiri Ketua Lembaga Swadaya Perempuan Mandiri (LSPM) Lampung Zainurah sebagai pemateri, sosper tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah seperti memakai masker, menjaga jarak dan tidak kerumunan.

Dalam arahannya, Yose Rizal yang merupakan Anggota Komisi III DPRD Lampung ini mengimbau kepada masyarakat untuk tak abai dengan protokol kesehatan, meski saat ini Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung termasuk Lampung Utara mulai melandai.

“Masyarakat harus tetap jaga prokes. Tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun menghindari kerumunan, dan membatasi aktivitas keluar rumah,” jelasnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Utara ini juga mengajak masyarakat untuk mendukung program vaksinasi dari pemerintah. Sebab menurut dia, ini merupakan salah satu upaya dalam menekan penyebaran wabah covid-19.

“Ayo vaksin. Sebab, vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mempercepat terciptanya herd immunity (kekebalan kelompok) bagi seluruh warga Lampung,” kata dia.

Sementara, Ketua LSPM Lampung Zainurah mengapresiasi kegiatan sosialisasi perda tersebut. Menurutnya, hal tersebut juga merupakan salah satu upaya dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, dengan cara memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat tentang pencegahan, pengendalian, serta sanksi yang diberlakukan kepada seseorang jika melanggar prokes.

“Semuanya ada di buku Perda ini, baik imbauan, larangan termasuk juga sanksi bagi pelanggar prokes,” ucapnya.

Sanksi yang dimaksud, lanjut dia, yakni sanksi lisan, administratif hingga sanksi pidana.

Zainura juga mengapresiasi kerja dari pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat yang memiliki tingkat kesadaran yang tinggi akan protokol kesehatan dan juga dalam melaksanakan vaksinasi.

“Kami (LSPM) memberikan apresiasi yang luar biasa kepada pemerintah yang begitu gencar menggelar vaksinasi di setiap kecamatan secara serentak se-Kabupaten Lampung Utara, maupun Provinsi Lampung,” ucapnya. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *