Berita Lampung Terkini

Azwar Yacub Ajak Pemuda Tangkal Radikalisme dengan Amalan Pancasila

Bandarlampung (LW): Ideologi bangsa akan terkikis dengan sendirinya jika para pemuda generasi bangsa enggan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Lampung Azwar Yacub saat menggelar sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Pahoman, Bandarlampung, Minggu (28/11).

Anggota Komisi IV DPRD Lampung ini menjelaskan, radikalisme merupakan salah satu penyebab utama hancurnya bangsa ini. “Maka, dengan sosialisasi ini, kita ingin menumbuhkan kembali nilai-nilai ideologi Pancasila dalam diri masyarakat khususnya pemuda-pemudi generasi penerus bangsa,” ucap Azwar.

Korwil Partai Golkar Bandarlampung ini juga mengatakan, sosialisasi ini juga dapat memacu kecintaan pemuda-pemudi generasi penerus bangsa untuk dapat mencintai bangsa Indonesia dan mengamalkan nilai-nilai pancasila, tentunya juga dapat menghindari paham-paham yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga kegiatan sosialisasi dapat memberikan wawasan kepada pemuda-pemudi tentang empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, pentingnya suatu bangsa memiliki ideologi supaya masyarakatnya dapat bersatu untuk melindungi negeri dari radikalisme.

“Dengan mencintai bangsanya, rasa memiliki, maka akan menumbuhkan rasa untuk menjaga negeri dan hal itu memang harus ada di generasi penerus bangsa,” tuturnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa runtuhnya suatu negara itu karena masyarakatnya tidak merasa memiliki. “Hancurnya negara bukan karena serangan dari luar, tapi karena penduduknya sendiri tidak mengetahui nilai-nilai dari ideologi Pancasila seperti intoleransi, radikalisme ujaran kebencian, dan terorisme,” tegasnya.

Mantan Ketua DPRD Bandarlampung ini juga menilai, tidak sulit untuk memahami dan menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehari-hari, karena Pancasila digali dari masyarakat Indonesia dan dirumuskan oleh para bapak bangsa Indonesia.

“Pancasila lahir dari bangsa Indonesia sehingga memahami Pancasila sesungguhnya tidak rumit dan melaksanakan Pancasila juga tidak sulit,” pungkas politisi senior Golkar ini. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *