Gandeng GMBI dan LSPM, Imam Suhada Edukasi Pentingnya Merawat Pancasila


Lampung Utara (LW): Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, yang terdiri dari beragam latar belakang seperti suku bangsa, budaya, agama, adat istiadat, bahasa dan lain sebagainya. Dengan Pancasila, kemajemukan tersebut berubah menjadi satu kesatuan.

Hal ini ditegaskan Ketua Lembaga Swadaya Perempuan Mandiri (LSPM) Lampung, Zainurah, S.Pd.I., saat menjadi narasumber dalam agenda sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan yang digelar Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung Imam Suhada di Sekretariat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) distrik Lampung Utara (Lampura), Sabtu (27/11).

“Keberagaman dan perbedaan budaya, adat istiadat, suku, dan agama ini bersatu dengan satu tujuan yakni merebut kemerdekaan. Sebagai warga negara Indonesia yang hidup pada saat ini, sudah sewajibnya kita mempertahankan kemerdekaan dan mengisi dengan hal-hal positif,” terangnya.

Perbedaan itu juga, menurutnya, terlihat pada agenda sosialisasi hari ini. “Pada hari ini Bapak Imam Syuhada, bersama GMBI Lampung Utara, dan LSPM Lampung sudah membuktikan bahwa walau baju kita berbeda namun kita satu tujuan, dan pada hari ini kita sudah membuktikan bahwa kita Bhineka Tunggal Ika,” ujar Zainurah.

Dirinya juga menyampaikan pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, salah satunya untuk menangkal dan mencegah paham radikalisme dan terorisme di kalangan para pemuda maupun milenial.

“Pesan dari wawasan kebangsaan pada hari ini adalah, bagaimana kita harus mengisi kemerdekaan dengan segala kegiatan yang positif di tengah banyaknya gerakan radikalisme yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ucapnya.

Anggota DPRD Lampung Imam Syuhada menyampaikan bahwa kegiatan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang ia gelar hari ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali dan merawat semangat Pancasila di tengah masyarakat, khususnya kepada para pemuda dan milenial.

“Selain ajang silaturahmi, dalam sosialisasi ini kami ingin mengajak para pemuda khususnya GMBI untuk menghidupkan kembali semangat Pancasila di tengah kemajuan zaman seperti sekarang ini,” jelas Ketua NasDem Lampung Utara ini.

Sebab, paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila akan sangat mudah masuk dalam diri anak muda, khususnya milenial. “Mari kita jaga pergaulan dengan terus meningkatkan iman serta taqwa kita kepada yang maha kuasa, agar kita terhindar dari paham-paham yang dapat memecah belah bangsa,” pungkas Anggota Komisi III DPRD Lampung ini.

Selain Anggota DPRD Provinsi Lampung, H. Imam Syuhada, dan Ketua Lembaga Swadaya Perempuan Mandiri (LSPM) Lampung, Zainurah beserta jajaran, hadir juga Ketua GMBI Ansori, Sekretaris Imau Syah, Bendahara Aftisar Putra, Ketua Divisi-divisi, dan jajaran pengurus distrik, serta ketua KSM GMBI beserta perwakilan jajaran dari 20 Kecamatan se-kabupaten Lampung Utara. (LW)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *