Berita Lampung Terkini

Edukasi Pembinaan Ideologi Pancasila, Ferdy Ferdian Tekankan Pentingnya Jaga Persatuan dan Kesatuan

Lampung Tengah (LW): Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung Ferdy Ferdian Azis, SH, MA, melakukan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK), di Kampung Bangunsari Kecamatan Bekti Lampung Tengah, Minggu (28/11).

Dalam kesempatannya, Ferdy Ferdian menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan serta berkolaborasi dengan semua elemen masyarakat, Bangsa dan Negara untuk membuat Lampung menjadi hebat lagi (Make Lampung Great Again).

Menurut Ferdy anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Lampung ini, untuk mewujudkan tujuan “Make Lampung great again”, kita perlu bersama-sama bersatu, bekerjasama dan berkolaborasi dengan seluruh element Bangsa, di segala bidang. Khususnya ekonomi, sosial dan budaya yang menjadi fundamental dalam pembangunan Bangsa dan Negara.

Sebab, tanpa ada persatuan dan kolaborasi seluruh element sulit rasanya untuk mewujudkan pembangunan.

Ferdy menyampaikan, pendiri Bangsa (founding father Indonesia) Bung Karno memilih Pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara, dimana berbeda tetapi tetap satu (Bhineka Tunggal Ika). Karenanya, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara, harus tetap ditanamkan kembali ke masyarakat sebagai benteng persatuan dan kesatuan.

“Jadi, jangan lagi energi kita habis berdebat mengenai SARA. Kita harus memberikan kesempatan yang sama untuk seluruh anak bangsa di seluruh pelosok negeri yang ingin berkarya dimana saja dan dalam bidang apa saja untuk kemajuan Indonesia serta menyongsong Indonesia Emas di 2045,” ujar Ferdy.

Lebih lanjut Ferdy menyampaikan, sebuah negara harus punya empat syarat yaitu; ada wilayah. Ada penduduk. Setelah ada penduduk kemudian ada kedaulatan. Kemudian diakui oleh negara lain. “Dan sebagai sebuah negara kita membuat UUD 45 yang mengatur hak dan kewajiban negara,” ujar Ferdy.

Menurut Ferdy, Provinsi Lampung merupakan miniatur Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan agama. Dengan Kebhinekaan itu, masyarakat Lampung dari berbagai etnis bisa hidup berdampingan dan ini harus terus dijaga.

Sementara itu, Babinsa Bangunsari Bekri, Serda Uun Kurniawan menyampaikan, Indonesia adalah negara kesatuan, tidak boleh ada yang mengklaim Indonesia hanya Jawa, hanya Sumatra dan lain-lain.

Serda Uun yang pernah bertugas di Papua ini, menceritakan pengalamanya bagaimana dia mengajak masyarakat Papua untuk mencintai Bangsa Indonesia.

Usai melakukan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Bekri, Ferdy Ferdian menghadiri pertandingan bola voly ibu-ibu se- kecamatan Kalirejo. Ferdy menyerahkan bantuan bola voly, net dan masker serta memberi semangat para peserta untuk bertanding. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *