Berita Lampung Terkini

Dengar Pendapat Masyarakat, Taufik Basari Edukasi Manfaat Posyandu di Tengah Ibu-ibu

Lampung Selatan (LW): Peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil maupun ibu menyusui.

Hal ini disampaikan Anggota DPR RI asal Lampung Taufik Basari saat bersilaturahmi dengan ibu-ibu desa Merak Batin,Kecamatan Natar, Lampung Selatan (10/12).

Posyandu (pos pelayanan terpadu), kata Taufik, merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, lanjut politisi NasDem ini, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat, mulai dari lingkungan desa atau kelurahan hingga RT dan RW.

“Jadi, bisa dibilang bahwa Posyandu ini merupakan perwujudan dari negara yang hadir dalam memenuhi kebutuhan kesehatan ibu dan balita,” kata Taufik.

Tempat penyelenggaraan kegiatan Posyandu, lanjut Taufik, sebaiknya berada pada lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat seperti di salah satu rumah warga, halaman rumah, balai desa/kelurahan, balai dusun dll.

“Kegiatan rutin Posyandu diselenggarakan dan digerakkan oleh kader Posyandu dengan bimbingan teknis dari Puskesmas dan sektor terkait,” kata dia. (LW)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *