Tangkal Radikal, Dewi Nadi Imbau Milenial Amalkan Nilai-nilai Pancasila


Lampung Tengah (LW): Anggota DPRD Provinsi Lampung Ni Ketut Dewi Nadi ST Menggelar sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan di Gedung serba guna Desa Sendang Mukti Kecamatan Sendang Agung, Sabtu (19/03).

“Ideologi Pancasila sangat penting terus digaungkan untuk masyarakat Lampung Tengah saat ini terlebih buat generasi muda dan kaum milenial,” ujar anggota Komisi IV DPRD Lampung tersebut.

Hal tersebut, menurut Bendahara Fraksi PDI Perjuangan Lampung ini, untuk menghindari masuknya paham-paham radikal yang dapat melemahkan Ideologi Pancasila.

“Masyarakat atau pun generasi muda kita saat ini sangat rentan terhadap paham-paham radikal, karena informasi yang simpang siur dapat dengan mudah mereka peroleh melalui handphone atau internet di dunia maya,” ujarnya.

“Oleh karena itu kita sebagai pendamping wajib memantau terus kegiatan anak-anak kita,” lanjut Dewi Nadi.

I Komang Koheri SE, Anggota DPR RI Komisi VIII dari Fraksi PDI Perjuangan sebagai narasumber yang pertama menyampaikan pentingnya menanamkan nilai-nilai kebangsaan terhadap masyarakat luas dan generasi muda.

“Dengan memahami benar benar nilai empat pilar dalam berbangsa dan bernegara, kita berharap dapat menangkal paham radikal saat ini sudah mulai menyusupi segala lini masyarakat di Indonesia,” tegas Komang Koheri.

“Karena masuknya bisa melalui pemahaman agama yang kurang tepat oleh sebagian pemuka agama. Oleh karena itu, paham radikal dapat berkembang pesat dan cepat di Indonesia,” tambahnya.

Oleh sebab itu, Komang Koheri mengimbau masyarakat menggunakan akal sehat untuk informasi agar terhindar dari pemahaman yang salah.

“Untuk itu kita harus menggunakan akal sehat memilih informasi yang masuk, agar terhindar dari pemahaman yang salah, baik radikal maupun liberal,”jelasnya.

Narasumber kedua Kapolsek Kali Rejo Iptu Edi Suhendra SH menambahkan, pentingnya Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan,

“Oleh sebab itu, Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan perlu disosialisasikan dan ditanamkan kepada masyarakat dan para generasi muda, karena jika tidak dimulai sejak dini, dikhawatirkan ke depannya para penerus bangsa tersebut tidak mengerti dasar negara Indonesia,” ujarnya.

“Ada empat pilar yang menjadi dasar negara dan wajib diketahui para generasi muda serta seluruh warga Indonesia, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Eka.” ungkapnya. (*/LW)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.