May Day, Apklindo Lampung Desak Kesejahteraan Tenaga Kerja Klining Servis

 

Bandarlampung (LW): Dewan Pengurus Provinsi Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (DPP Apklindo) Lampung mendesak kesejahteraan klining servis.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPP Apklindo Ahmad Apriliandi Passa pada peringatan Hari Buruh Internasional.

Dia mengatakan bahwa sejahtera yang dimaksud ialah
1. Penerapan upah standart sesuai dengan upah minimum
2. Pengalokasian dan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR)
3. Perbaikan jaminan kesejahteraan sosial tenaga kerja
4. Memastikan proyek klining servis pada kantor kantor pemerintahan di Lampung, bersih dari permainan “Fee Proyek” dan kepentingan oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Keempat hal ini patut disuarakan dan diperjuangkan oleh DPP Apklindo di Hari Buruh Internasional ini,” ujar Apri, Minggu (01/05).

Apri mengaku pihaknya menerina keluhan dan laporan dari perusahaan anggota DPP Apklindo Lampung maupun tenaga kerja klining servis yang bekerja pada sektor kantor pemerintahan di Lampung.

“Banyak karyawan yang bekerja pada sektor kantor pemerintahan menerima upah sangat minim, jika saya sebut dibayar 1,5jt/bulan dan bahkan lebih rendah dari itu,” katanya.

“Pada tahun ini banyak ditemui pada kantor Dinas, Instansi, UPTD dan OPD lainnya tidak mengalokasikan pembayaran THR,” tambah Apri.

Hal ini membuat perusahaan tidak dapat berbuat banyak untuk menjamin kesejahteraan sosial tenaga kerja klining servis dikarenakan lagi lagi instansi pemerintah banyak yang tidak menganggarkan anggarannya.

“Kami menolak untuk menyebut secara rinci instansi dan perusahaan mana saja yang dimaksud, tapi kami sudah berkomunikasi dengan baik sehingga mereka dapat mengerti,” pungkasnya.

Tetapi, ada saja oknum perusahaan yang masih nakal untuk menarik fee project dari proyek jasa klining servis, pihaknya berharap untuk jangan sampai terjadi.

Untuk itu, DPP Apklindo Lampung akan memberikan surat kepada Pemerintah Provinsi Lampung maupun menyampaikannya secara langsung untuk dapat memberikan perhatian serius dan perbaikan anggaran diwaktu mendatang dengan segera guna memberikan kesejahteraan bagi pekerja dan iklim usaha yang baik pada industri jasa klining servis. (LW)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.