Sahlan Syukur: Pancasila Mendunia

Lampung Selatan (LW): Anggota DPRD Lampung Sahlan Syukur menggelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Desa Bulok, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Jumat (8/7).

Dalam sambutannya, Sahlan Syukur menjelaskan bahwa pancasila merupakan ideologi yang diakui oleh dunia. Ia menuturkan bahwa pancasila sesuai dengan keadaan serta kultur masyarakat Indonesia yang beragam.

“Pancasila itu diakui oleh dunia, diakui bangsa-bangsa lain. Mereka menganggap pancasila menjadi pemersatu masyarakat yang multi etnis dengan beragam latar belakang,” ujar Sahlan.

Dirinya mengatakan, pancasila menjadi faktor penting dari kerukunan berbangsa dan beragama. “Kita ini agama beda-beda, cara nyembah Tuhan beda-beda, tapi masyarakat kita akur. Itulah bukti bahwa butir-butir sila kita masih diamalkan oleh masyarakat secara luas. Makanya, kalau ada kelompok yang mencoba merubah negara dan ideologinya, masyarakat harus turut aktif. Bisa dengan melaporkan ke aparat berwajib,” ucap Sahlan.

Di tempat yang sama, Nur Prima Qurbani yang merupakan Pengawas Pendidikan Lampung menjelaskan bahwa usia remaja merupakan fase yang paling rawan dalam membentuk pola berpikir. Menurut dia, masa tersebut merupakan saat pikiran seorang individu sedang mencari jati diri.

“Remaja itu fase yang paling rawan, doktrin-doktrin yang sifatnya baik dan buruk sangat mudah tertanam di dalam pikiran. Maka dari itu, kita perlu membentengi diri kita dengan ideologi pancasila,” singkat dia.

Ia juga menjelaskan, pengamalan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari merupakan cara ampuh guna membentengi keluarga dari paham radikal.

“Pakai cara-cara yang simpel saja, beribadah sesuai agama masing-masing. Rukun antar tetangga, ngobrol di balai desa kalau ada masalah dan seterusnya. Itu kan semua pengamalan dari pancasila. Kalau diterapkan, masyarakat kita enggak bakal ribut-ribut terus,” jelas dia.

Sementara itu, Sekretaris Desa Bulok, Adhi Gunawan, mengucapkan terimakasih atas sosialisasi yang dilakukan oleh Sahlan Syukur selaku anggota DPRD Provinsi Lampung.

Menurut dia, masyarakat Desa Bulok sudah tak asing dengan dewan dari partai berlambang banteng moncong putih tersebut lantaran sering turun ke desa guna menyerap aspirasi masyarakat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *