Berita Lampung Terkini

Sosialisasikan UU Desa di Lampung Utara, Tamanuri Fokuskan Tata Kelola Keuangan BUMDes

Lampung Utara (LW): Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai NasDem Drs. H. Tamanuri, MM melakukan sosialisasi UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa kepada beberapa kepala desa yang ada di Kecamatan Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Utara.

Sosialisasi ini juga dihadiri camat Sungkai Utara serta Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi Partai NasDem Mardiana, ST, MT. Selasa (10/5/2022).

Tamanuri sebagai wakil rakyat di DPR RI mewakili daerah pemilihan Lampung 2 memaparkan, sosialisasi ini memfokuskan pada dua poin inti. Pertama tata kelola keuangan desa serta tata kelola aset desa dan kedua tata kelola BUMDes. Dengan begitu, dia mengharapkan, aparat desa beserta masyarakatnya bisa terlibat aktif dan mandiri menciptakan kesejahteraan masyarakat desa.

Bahri Yusup Kepala Desa Negara Batin dalam sambutannya menyampaikan aspirasi masyarakat khususnya Badan Perwakilan Desa mengharapkan bantuan Tamanuri untuk akses program bantuan BUMDes dari Kementerian Desa dan Pengembangan Daerah Tertinggal Republik Indonesia.

“Kita ingin membangun desa kesejahteraan dari masyarakat. Selain itu masyarakat bisa mandiri menciptakan kesejahteraan,” papar Tamanuri saat memberikan sambutan pembuka di balai desa Negara Batin kecamatan Sungkai Utara.

Berkaitan dengan tata kelola keuangan desa, aparat di desa dituntut agar mampu menggunakan dana desa secara produktif dan bijak, dari Dana Desa yang saat ini diterima. Namun terkendala dengan pandemi Covid 19, Dana Desa hanya 32% yang teralokasi untuk pembangunan infrastruktur. Sedangkan tata kelola BUMDes, adalah upaya menjadikan desa sebagai subjek pembangunan, sehingga unsur-unsur desa dapat menentukan nasib dan kebutuhan ekonominya, sesuai dengan potensi yang ada di daerah tersebut.

Pada akhir arahannya, Tamanuri menyampaikan agar kepala desa dan aparatur yang ada segera membangun komunikasi dengan Tim Kerja Anggota DPR RI guna membantu menyusun pengajuan bantuan Stimulan BUMDes dari kementerian Desa & PDT Republik Indonesia.

Tamanuri akan menyampaikan pada saat Rapat Kerja bersama menteri terkait. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *