Taufik Basari Beri Pemahaman Ideologi Pancasila kepada Masyarakat Natar

Lampung Selatan (LW): Sebuah negara memiliki suatu karakter, kepribadian yang menentukan arah kemana negara tersebut akan dibawa.

Ideologi dan konstitusi suatu negara pada dasarnya ialah hasil dari nilai historis/sejarah negara-bangsa (nation-state). Ideologi pancasila bukan bersumber pada wahyu ilahi.

Hal ini disampaikan Anggota DPR RI Dapil Lampung I Taufik Basari saat melangsungkan giat sosialisasi empat pilar MPR RI di Pekon Tanjung Sari, Natar, Lampung Selatan (16/9).

Menurutnya, ideologi adalah pandangan dan pemikiran terbaik yang hidup di tengah-tengah bangsa kita ketika lahir.

“Sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila merupakan kristalisasi dari nilai adat-istiadat, nilai kebudayaan serta nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia,” ucap Taufik.

Ketua Fraksi NasDem MPR RI ini juga mengatakan, masyarakat maupun para generasi muda dan milenial sudah sewajibnya mengetahui dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Hal ini menurutnya sebagai pondasi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah arus globalisasi dan teknologi yang semakin berkembang pesat. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *