Berita Lampung Terkini

KDN Edukasi Pembinaan Pancasila ke Para Penyandang Disabilitas


Lampung Tengah (LW): Anggota DPRD Lampung Dapil Lampung Tengah Ni Ketut Dewi Nadi (KDN) kembali menggelar sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan pada hari Sabtu, 3 Desember 2022. Kegiatan yang dipusatkan di halaman KSP TDA Kampung Rukti Harjo, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah ini dihadiri oleh masyarakat umum dan para penyandang disabilitas.

Pelaksanaan sosialisasi ini sekaligus dalam rangka memperingati hari disabilitas nasional yang jatuh pada tanggal 12 Desember setiap tahunnya. Selain itu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda juga dihadirkan untuk menerima materi tentang pentingnya menjaga dan merawat Pancasila dan menambah wawasan kebangsaan dalam bernegara.

Anggota komisi IV DPRD Provinsi Lampung ini menggandeng dua narasumber yakni Kapolsek Seputih Raman Iptu Admar, S.H. M.H dan anggota DPR RI yakni I Komang Koheri untuk menyampaikan poin penting dalam menjaga dan merawat Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Dalam sambutanya, Srikandi PDI Perjuangan ini mengimbau masyarakat untuk terus mengamalkan Pancasila dengan lima silanya dalam kehidupan sehari-hari. Di era kemajuan teknologi yang pesat seperti saat ini, sangat mudah paham radikalisme menyebar dan mempengaruhi masyarakat melalui doktrin – doktrin dan berita hoax atau bohong.

”Masyarakat diimbau untuk cerdas dalam menggunakan media sosial di era teknologi seperti saat ini, jangan sampai bangsa Indonesia terpecah belah oleh gerakan radikalisme yang jelas membenci pemerintah,” ujarnya.

”Kepada para penyandang disabilitas jangan pernah berpikir bahwa negara tidak pernah memberikan perhatian, kegiatan ini juga sebagai bentuk bahwa negara hadir di tengah para penyandang disabilitas,” tambah Dewi.

Sebagai Narasumber, I Komang Koheri menambahkan, selama ini gerakan radikalisme semakin masif dilakukan menyerang pemerintah terutama Pancasila sebagai Ideologi Negara. “Karena keberadaan Pancasila sebagai warisan para pendiri bangsa telah terbukti mampu menjaga dan merukunkan masyarakat Indonesia yang majemuk dalam berbagai bentuk perbedaan yang ada,” ujar Komang.

Pancasila telah terbukti dapat menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan disegani oleh bangsa luar. ”Kita sebagai anak bangsa harus mampu mempertahankan Pancasila dan kemerdekaan yang telah susah payah di rebut oleh pejuang – pejuang bangsa,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *