Berita Lampung Terkini

Agus Purwanto Ajak Masyarakat Sumberejo Sejahtera Amalkan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Bandarlampung (LW): Anggota DPRD Kota Bandarlampung Agus Purwanto melaksanakan kegiatan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan di Kelurahan Sumberejo Sejahtera, Kemiling, Sabtu (18/3).

Dalam arahannya, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Kota Bandarlampung ini berharap, dengan adanya sosialisasi ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan yang disampaikan langsung ke masyarakat, dapat menambah Wawasan berkebangsaan dan menambah nilai rasa pancasilais pada diri individu masyarakat.

“Tentunya masyarakat dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga masyarakat Kota Bandar Lampung dapat menjadi contoh sebagai masyarakat yang adem, tentram, sejuk, berbudaya dan saling menghargai sesamanya,” jelas Agus.

Sementara itu, Ketua DPC Kota Bandarlampung Budiman AS yang hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut mengatakan, pesatnya kemajuan teknologi dan perkembangan zaman membuat nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa perlahan mulai luntur di lingkungan para anak muda generasi bangsa, salah satunya keberadaan smartphone atau gadget.

Menurut Budiman, meski memiliki dampak positif, gadget juga tak jarang digunakan untuk melakukan hal negatif, seperti menyebar kabar kebohongan, atau hoax.

“Selain bisa buat lupa dengan waktu, gadget juga memiliki dampak negatif lain yang sering disalahgunakan oleh orang, seperti menyebar kebohongan atau hoax,” ujar Anggota DPRD Provinsi Lampung ini.

Selain menyebar kebohongan atau hoax, menurut Budiman, hal-hal yang bisa merusak keberadaan Pancasila dan persatuan yakni sikap intoleransi, mudah terprovokasi, ujaran kebencian sampai radikalisme.

Maka, dengan adanya sosialisasi ini dirinya berharap agar nilai-nilai Pancasila dapat ditanamkan kembali ke masing-masing diri kita, terutama para pemuda untuk terus bisa menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Sementara, Dosen FISIP Unila Budiharjo yang menjadi Narasumber di kegiatan tersebut menyatakan bahwa untuk menjaga keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia pemuda-pemudi harus bersatu.

“Walau banyaknya keberagaman yang ada di Indonesia, suku, rasa, dan bahasa tapi untuk menjaga dan melindungi Indonesia semua harus bersatu,” tambahnya.

Dirinya juga mengungkapkan, kemerdekaan yang diperoleh oleh Negara Indonesia didapatkan dengan mengorbankan jiwa dan raga. “Untuk itu kita sebagai penerus muda bangsa diminta untuk dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *