Kadis PMDT Lampung Ajak Awak Media Berperan Aktif dalam Mewujudkan Desa Pintar

Bandarlampung (LW): Membangun sebuah desa bukan hanya tugas pemerintah saja, perlu peran seluruh elemen masyarakat, tak terkecuali jurnalis atau pewarta.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Lampung Zaidirina saat menjadi narasumber dalam dialog yang digelar Ikatan Jurnalis Pemprov (IJP) Lampung di Kinar Resto, Bandarlampung, Jumat (31/03).

Melalui tema diskusi Peran Jurnalis Dalam Usaha Menyukseskan Desa Digital Lampung tersebut, Zaidirina mengatakan bahwa peran aktif para jurnalis di Lampung diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mensukseskan desa digital.

“Saya berharap peran jurnalis ini untuk lebih aktif dalam menyukseskan desa digital karena konsep ini sudah lama di bangun di Provinsi Lampung,” kata Zaidirina kepada awak media.

Untuk itu, kata Pj Bupati Tulangbawang Barat ini, ada beberapa program dalam membangun desa salah satunya yakni smart village yang dikoordinasikan antara pemerintah Provinsi hingga kabupaten.

“Smart Village yang paling aktif baru di Lampung, maka dari itu perlu adanya koordinasi antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota hingga di desa – desa,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga meminta para rekan jurnalis ini dapat menyebar luaskan beberapa program yang ada di desa.

“Sebagai salah satu upaya dalam menyukseskan desa digital, tugas jurnalis ya membantu memviralkan ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik Provinsi Lampung Ganjar Jationo menjelaskan, ada tiga pilar dalam mewujudkan desa pintar, pertama yakni layanan publik, seperti aplikasi untuk layanan pendidikan, layanan kesehatan, layanan pariwisata maupun layanan pemerintahan.

“Kedua, pilar untuk keamanan desa. Ini mencakup berbagai aplikasi untuk menjamin keamanan warga. Yang ketiga yakni pilar untuk menopang aspek keberlanjutan. Ini meliputi berbagai aplikasi yang terkait dengan mobilitas warga desa,” jelasnya.

Diketahui, dialog ini dihadiri oleh tiga narasumber yakni Kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung Zaidirina, Kepala Diskominfotik Lampung Ganjar Jationo dan Duta Digital Pesawaran Endri Y, serta dimoderatori Pimred Bandarlampung Post Beni Yulianto. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *