Berita Lampung Terkini

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kedamaian, Taufik Basari Jelaskan Makna dan Nilai-nilai Pancasila


Bandarlampung (LW): Anggota DPR RI Dapil Lampung Taufik Basari kembali melaksanakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kedamaian, Bandar Lampung (8/4).

Dalam arahannya, Ketua Fraksi NasDem MPR RI ini menyebut, Pancasila menjadi mata ajar awal bagi masyarakat yang baru saja bergabung dengan Polri, serta pelatihan terbatas yang diinisiasi oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) lewat program Diklat PIP.

Menurutnya, Polri telah memiliki Peraturan Kapolri (Perkap) No. 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar HAM dalam Penyelenggaraan Tugas Polri. Jadi, secara administrasi sesungguhnya personel Polri tidak kekurangan asupan pengetahuan terkait Pancasila, UUD 1945 dan HAM sebagai bagian dari nilai yang terdapat dalam falsafah bangsa.

“Itu secara administrasi, namun implementasi atau pengamalan nilainya menurut saya masih membutuhkan proses panjang untuk pembiasaan dan pembentukan karakter polisi sebagai teladan pengamalan Empat Pilar,” jelas Taufik.

Lanjut Taufik, Pancasila merupakan dasar Negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Sebagai dasar Negara, Pancasila dijadikan sebagai dasar dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai suatu ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila merupakan kristalisasi dari nilai adat-istiadat, nilai kebudayaan serta nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia.

Nilai yang ada dalam Pancasila memiliki serangkaian nilai, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. “Kondisi bangsa Indonesia saat ini dapat identifikasi dengan melihat perilaku dan kepribadian masyarakat Indonesia yang tercermin dari tingkah laku sehari-hari,” pungkasnya. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *