HUT ke-342 Bandarlampung, Momentum Semangat Majukan Daerah

Bandarlampung (LW): Hari ulang tahun (HUT) ke-342 Kota Bandar Lampung menjadi momentum memantapkan dan memperkokoh tekad serta semangat pengabdian dalam membangun daerah lebih maju lagi ke depan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana dalam sambutannya, pada Upacara HUT ke-342 Kota Bandar Lampung ke-342, di kantor pemerintah kota setempat, Sabtu, 15 Juni 2024.

Menurut dia, HUT ke-342 Kota Bandar Lampung jatuh pada 17 Juni, juga menjadi saat yang tepat bagi semua pihak untuk melakukan introspeksi dan mawas diri atas kontribusi mereka kepada negara, bangsa, dan masyarakat.

Pada kesempatan itu, ia mengajak masyarakat dan peserta upacara meningkatkan semangat juang dalam melanjutkan pembangunan kota yang lebih baik lagi pada masa  datang.

“Ada lima tantangan utama yang dihadapi Kota Bandar Lampung ke depan, seperti pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Terkait hal itu maka sangat penting pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi dan penciptaan lapangan kerja,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, tantangan berikutnya yakni tata kelola dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Bandarlampung yang memadai di bidang masing-masing.

“Untuk peningkatan SDM, Pemkot Bandar Lampung telah berupaya dengan adanya program beasiswa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga pendidikan gratis bagi dari jenjang pendidikan bawah hingga tinggi. Kami ingin individu di kota ini memiliki keahlian yang diperlukan untuk berkontribusi maksimal,” jelasnya.

Sinergitas antar-pemerintah daerah dan pusat, katanya harus dijaga kelancaran dan efektivitas program pembangunan. “Kerja sama daerah dan pusat sangat penting, bahkan krusial guna mendukung efektivitas pembangunan demi kemajuan bersama,” katanya.

Tantangan lainnya, lanjut dia, bagaimana kota ini memanfaatkan kemajuan teknologi dan penggunaan media sosial agar berdampak pada pembangunan.

“Maka saya juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, terutama media sosial, secara baik dan bijaksana, serta membangun citra positif pemerintah kota,” ujarnya.

Selain itu, perlu diwaspadai adalah penggunaan, peredaran, dan penyebaran narkoba yang semakin merambah semua lapisan masyarakat. “Tentu kita perlu tindakan tegas untuk mengatasi masalah ini, karena dapat merusak masa depan generasi muda dan mengancam stabilitas sosial,” kata Eva Dwiana.

Diketahui, dalam upacara HUT ke-342 Kota Bandarlampung tersebut, hadir pula organisasi kepemudaan PC Pemuda Panca Marga (PPM) Bandarlampung. Dalam kesempatannya, Ketua PC PPM Bandarlampung Desi Ekawati siap mendukung pemerintah dalam meminimalisir kenakalan remaja di Kota Tapis Berseri.

“Kita ingin Bandarlampung ke depan tidak ada lagi kenakalan remaja seperti tawuran, gank motor maupun peredaran gelap narkoba yang dapat merusak generasi muda penerus bangsa,” ujar Desi Ekawati, didampingi Sekretaris Aini Putri dan para pengurus lainnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kinerja pemerintah Kota Bandarlampung dalam hal ini Walikota Bandarlampung Eva Dwiana dalam memimpin Kota Tapis Berseri. “Di bawah kepemimpinan beliau (Eva Dwiana, red), semoga Bandarlampung terus mengalami progres lebih maju ke depannya,” ucapnya. (*/LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *