HOT News

Kongres Nasional Anak Desa Mendapat Dukungan Di Pulau Sumatera

Bandarlampung (LW): Mahasiswa lintas perguruan tinggi di Sumatera memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya Kongres Nasional Anak Desa, Rabu (25/11) .

Kongres nasional anak desa Suwaib Amiruddin Foundation (SAF) dideklarasikan dari kalangan civitas akademika Lampung, di pelataran Kampus Universitas Bandar Lampung.

Deklarasi tersebut bertujuan untuk mengajak mahasiswa yang berasal dari desa di seluruh Indonesia untuk mau bersama-sama terlibat sebagai relawan penyelenggaraan Kongres Nasional Anak Desa.

Koordinator relawan Kongers anak desa untuk Kawasan Pulau Sumatera Aldi Juliansyah mengatakan, deklarasi ini merupakan komitmen dari teman-teman mahasiswa yang berasal dari desa untuk bersama-sama berkontribusi dalam mengawal dan mensukseskan kongres.

“Kegiatan kongres merupakan kegiatan kita semua, terutama anak-anak desa untuk dapat berpikir dan berkontribusi untuk kemajuan desa,” ucapnya.

Desa, menurutnya, membutuhkan sumberdaya manusia yang handal terutama dari kalangan terpelajar. “Kita harus menjadi garda terdepan untuk bersama-sama membangun desa kita,” ajaknya.

Menurut Aldi, anak-anak desa hari ini sudah banyak memiliki kemampuan secara intelektual, dan membutuhkan wadah untuk secara bersama-sama dalam memikirkan formulai apa yang harus dilakukan untuk memajukan desa.

Kongres Nasional Anak Desa dapat dijadikan momentum untuk duduk secara bersama-sama menyampaikan gagasan dan ide-ide positif untuk membangun dan memajukan desa. Kita sebagai insan yang terpelajar harus memiliki komitmen jangka panjang untuk membangun desa,” terangnya.

Aldi menegaskan bahwa berdasarkan hasil rapat panitia penyelenggara Kongres Nasional Anak Desa akan diselenggarakan dalam tiga tahap berdasarkan wilayah.

Untuk tahap I akan diselenggarakan di wilayah Pulau Jawa tahun 2021, tahap II akan diselenggarakan di Pulau Sumatera tahun 2022 dan Kawasan Timur Indonesia akan diselenggarakan tahun 2023. Kegiatan tahap I akan diselenggarakan pada dua opsi wilayah, antara Jawa Tengah dan Banten.

“Untuk keputusan lokasi sepenuhnya ada pada panitia penyelenggara kongres nasional anak desa yang dibentuk oleh Suwaib Amiruddin Foundation (SAF).” (Kris)

4 thoughts on “Kongres Nasional Anak Desa Mendapat Dukungan Di Pulau Sumatera

  1. Menurut saya diselenggarakan nya kongres nasional anak desa sangat bagus karena menunjang kreatifitas anak-anak kongres yang diadakan ini sangat membantu anak-anak, anak – anak desa dalam meraih apa yang diimpikan memberikan motivasi dan juga beasiswa untuk anak desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *