Mesuji  

Budhi Condrowati Ajak Masyarakat Way Serdang Implementasikan Nilai-nilai Pancasila


Mesuji (LW): Ideologi dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila saat ini sudah banyak gangguan dan tantangan melalui paham radikalisme hingga ujaran kebencian. Tak hanya itu, nilai-nilai dalam Pancasila perlahan mulai terkikis bagi anak muda di tengah arus globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Lampung Budhi Condrowati di hadapan para pemuda dan masyarakat saat menggelar Sosialisasi Pembinaan ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Desa Margo Bhakti, Kecamatan Way Serdang, Mesuji (14/11).

Menurut Anggota Komisi V DPRD Lampung ini, salah satu tujuan digelarnya sosialisasi ini yakni menumbuh kembangkan semangat Pancasila di tengah masyarakat.

“Dengan sosialisasi ini, kita ingin mendorong masyarakat khususnya anak muda dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang perlahan sudah terkikis dengan kemajuan teknologi dan tentunya penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pada 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI,” jelas Budhi Condrowati.

Dalam kegiatan yang dihadiri Fasroni (Perwakilan Dari Kapolsek Way Serdang) dan Desta Ardiyanto,S.PI,.M.LING (KNPI) selaku narasumber, serta Suryadi (Kepala Desa Margo Bhakti), tokoh pemuda, tokoh agama dan masyarakat setempat sebagai peserta, Ketua DPC PDIP Lampung ini juga mengatakan, cara pandang kita terhadap Pancasila sudah mulai luntur. Padahal menurut dia, segala aturan di Indonesia harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Kita harus melaksanakan dan mengamalkan nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila. Ini merupakan kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, Pancasila merupakan sumber tertinggi dari segala sumber di Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, di tengah arus globalisasi dan kemajuan teknologi, musuh dan gangguan bangsa saat ini yakni intoleransi, ujaran kebencian, hoax dan paham radikalisme. “Kita harus menghayati Pancasila, bukan hanya paham limanya saja tapi isinya.
Artinya, untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, kita harus saling menghargai, menghormati, toleransi, dan jangan mudah terprovokasi,” ajaknya.

Selain itu, masih dalam momen peringatan hari pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Lampung ini juga berpesan kepada para pemuda dan milenial setempat untuk menghargai jasa pahlawan yang telah meraih kemerdekaan di zaman dahulu.

“Untuk itu, sebagai pemuda dan milenial yang hidup di zaman sekarang, mari kita isi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif,” ucapnya. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *