DPRD Lamsel Desak Dinas PPPA Optimalkan Kerja di Lapangan

Lampung Selatan (LW): Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Lampung Selatan Amelia Nanda Sari mendesak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) kabupaten setempat untuk dapat mengoptimalkan kinerja di lapangan.

Srikandi Partai besutan Prabowo Subianto ini menilai, meski predikat KLA telah disandang, hal itu belum selaras dengan pemenuhan hak-hak anak dan perlindungannya hingga ke pelosok desa.

“Pemenuhan hak dan perlindungan anak itu tidak hanya sebatas menangani kasus-kasus kekerasan yang terjadi. Melainkan adanya upaya pencegahan agar kasus kekerasan atau kasus pelecehan seksual terhadap anak tidak terjadi,” ungkap Amelia di postingan instagram pribadinya, baru-baru ini.

Menurut Amel, predator seksual dan kekerasan terhadap anak masih banyak berkeliaran dan mengancam anak di pelosok-pelosok desa.

Oleh sebab itu, ia berharap Dinas PPPA Lampung Selatan dapat memaksimalkan peranannya untuk mensosialisasikan hukuman bagi para pelaku kejahatan tersebut di ruang-ruang publik yang dapat dimanfaatkan.

Salah satunya dengan menggalakkan iklan layanan masyarakat hingga ke desa-desa.
“Kan banyak ruang-ruang publik yang bisa dimanfaatkan. Ini harus dilakukan agar para pelaku berpikir ulang untuk melakukan tindakan-tindakan kekerasan atau pelecehan,” papar anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Lampung Selatan itu.

Amel juga mengingatkan Dinas PPPA tentang pemenuhan hak anak yang telah diamanatkan dalam Permen PPPA No. 12 tahun 2011.

Indikator-indikator tersebut harus benar-benar dipenuhi sehingga predikat KLA yang dimiliki Lampung Selatan tidak hanya sebatas predikat.

“Permen itu mengamanatkan agar fasilitas-fasilitas KLA benar-benar dibangun dan dilaksanakan. Jadi kita tidak hanya bicara tentang wacana saja,” sindir anggota dewan dapil Kecamatan Jatiagung itu.

Tak hanya itu, Amelia juga mengingatkan bahwa perempuan dan anak adalah pondasi masa depan bangsa Indonesia.

Perempuan dan anak merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan dan pembangunan dimasa mendatang.

“Jadi, besar harapan agar kita dapat menjaga dan melindunginya demi masa depan Lampung Selatan yang lebih baik,” pungkas Amelia Nanda Sari.

Beragam komentar dukungan dari netizen datang menanggapi postingan politisi muda tersebut, seperti komentar dari milik akun Instagram @rizqichsan yang menyebut “memang ahlinya, gak ada obat inimah”. Selain itu, komentar pujian juga datang dari akun Instagram milik @delsafinaa yang menyebut Amel sebagai aktivis anak. (LW/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *