by

Inilah Perbedaan Platinum, Emas Putih dan Perak

Lampungway.com. Inilah Perbedaan Platinum, Emas Putih dan Perak. Kita sebagai orang yang awam mengenai jenis logam mulia tentu saja sangat kesulitan untuk membedakan platinum, emas putih dan perak.

Dan hal tersebut tidak dengan orang yang sudah berkecimpung didunia logam dan perhiasan. Membedakan platinum, emas putih dan perak bagi mereka tentu sangatlah mudah dan gampang karena telah memiliki pengetahuan dan wawasan luas mengenai logam mulia seperti platinum, emas putih dan perak.

Cara mudah dan sangat sederhana untuk membedakan platina, emas putih serta perak juga harus melalui uji yang juga tidaklah sederhana melainkan memerlukan pengetahuan yang cukup agar akurat dalam menilainya.

Lalu, bagaimana jika Anda kebetulan mendapatkan logam mulia tetapi tidak mengetahui jenisnya, jangan khawatir sebab ada beberapa perbedaan kentara antara logam mulia seperti platinum, emas putih dan juga perak.

Berikut ini sekilas pengetahuan mengenai platinum, emas putih dan juga perak yang juga akan menjadi dasar Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih dan Perak

Apa itu platinum

Platinum adalah logam mulia yang sangat langka, berwarna putih menyilaukan, sangat padat, lebih tahan terhadap korosi, paling kuat dan bagus jika dijadikan perhiasan dan sangat mahal harganya. Platinum tetap putih dan bening tanpa dilapisi apapun. Itulah sebabnya jika platinum berkali-kali lebih mahal dibandingkan dengan perhiasan putih lainnya.

Apa itu emas putih

Emas putih adalah merupakan emas kuning yang telah dicampur dengan beberapa logam putih seperti palladium, nikel serta rhodium.

Prosentasi campuran emas kuning dengan palladium ataupun nikel serta rhodium untuk menghasilkan emas yang berwarna putih hingga mencapai 30% bahkan lebih.

Rhodium adalah logam putih paling mengkilau dan dapat dijadikan logam pelapis diantara logam lainnya. Harga rhodium lebih mahal daripada emas putih.

Itulah mengapa sebabnya emas putih lebih mahal daripada emas kuning.

Apa itu Perak

Perak adalah perhiasan yang berwarna putih keabuan juga mengkilau, tingkat kepadatannya lebih ringan daripada emas putih dan platinum, cenderung tidak tahan terhadap korosi, dapat dengan mudah berubah warna serta bentuknya.

Perak mempunyai simbol “Ag” dalam bahasa latin adalah “argentum” yang bernomor atom 47. Perak lebih familiar digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat.

Perak dapat lebih putih dan mengkilau serta tahan dari perubahan warna jika dicampur dan dilapisi dengan rhodium. Namun, harganyapun jauh menjadi lebih mahal daripada harga perak aslinya.

Lihatlah di toko-toko perak disekitar Anda, warna perak sangat mengkilau hampir menyerupai emas putih bahkan platina, dan harganyapun jauh lebih mahal.

 

Perbedaan dan keunggulan Platinum, Emas Putih dan Perak

Platinum mempunyai sifat hypoallergenic karena merupakan logam murni. Jadi sangat membantu bagi Anda yang mempunyai alergi terhadap logam perhiasan.

Emas putih tidak menimbulkan alergi karena dilapisi logam putih yang juga anti alergi seperti palladium dan rhodium. Sedikit sekali orang yang alergi dengan emas putih karena mungkin campurannya terdiri dari nikel dan perak.

Perak bagi orang yang mempunyai kulit sensitif dapat menimbulkan gatal-gatal dan dan bercak pada kulit tapi itu hanyalah sebagian kecil saja.

Platinum lebih tahan terhadap perubahan warna dan tetap berwarna putih menyilaukan walaupun sudah dipakai dan disimpan lama.

Emas putih akan tahan warnanya jika dilapisi dengan rhodium. Rhodium akan memudar jika dalam beberapa waktu telah dipakai sehingga emas putih cenderung memudar tingkat kilauannya.

Perak cenderung akan cepat memudar walaupun telah dilapisi rhodium. Perubahan akan kentara jika logam ini sering terkena air.

Platinum jauh lebih padat daripada emas putih dan perak, tahan akan perubahan bentuk dan warna sehingga cocok bagi Anda yang menyukai barang tahan banting tapi tetap indah mengkilau.

Emas putih tidak boleh terkena hantaman ataupun goresan. Beberapa hantaman ataupun goresan dapat menjadikan emas putih berubah bentuk dan berat sehigga harganya menjadi anjlok.

Perak adalah logam yang cukup ringan untuk ukuran perhiasan, paling mudah berubah bentuk dan warnanya, sehingga sangat mudah membedakan dengan platinum dan emas putih.

Platinum Jika dites kekerasan dengan air keras (cairan asam nitrat HNO3 dan asam chlorida HCL) pada batu uji, maka platinum akan tetap berwarna putih ketika digoreskan pada batu uji, tidak memudar, tampak stabil ketika ditetesi air keras.

Emas putih akan berwarna putih kekuningan bahkan kuning jika digoreskan pada batu uji. Ketika ditetesi dengan air keras, maka akan tetap tampak berwarna putih kekuningan atau kuning. Perubahan ketahanan warna tergantung tingkat kadar emas tersebut.

Perak akan berwarna putih keabuan ketika digoreskan pada batu uji. Warnanya akan pudar dan hilang ketika ditetesi air keras pada batu uji.

Jika dipadukan dengan batu mulia seperti intan dan berlian, platinum dapat memancarkan keunggulan yang sangat cantik dan mempesona sehingga merupakan perpaduan yang paling sempurna.

Harga platinum sangat mahal dan merupakan logam yang sangat spesial karena logam mulia ini terbilang cukup langka, berbeda dengan emas putih yang lebih terjangkau dan familiar karena banyak diproduksi diberbagai negara.

Sedangkan perak mempunyai harga yang relatif sangat terjangkau dan cukup murah sehingga siapapun dapat membeli perhiasan perak sebagai pengganti perhiasan emas dan platina.

Setelah membaca penjelasan diatas setidaknya mungkin Anda akan terbantu ketika mendapatkan logam putih berkilau.

Pastikan perbedaan diatas pada logam putih yang Anda dapati supaya tidak tertipu dengan perhiasan yang mirip platina ataupun emas putih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *