Bawaslu Lampung Selatan Awasi Proses Rekrutmen PPK

Bawaslu Lampung Selatan Awasi Proses Rekrutmen PPK

Lampungway.com. Bawaslu Lampung Selatan Awasi Proses Rekrutmen PPK. Bawaslu Lampung Selatan pastikan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilaksanakan KPU Lamsel akan diawasi secara ketat.

Sehingga menghasilkan badan penyelenggara adhoc yang berintegritas dan berkualitas dalam melaksanakan Pilkada 2020.

Kordiv Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (PHL) Bawaslu Lamsel, Iwan Hidayat seperti yang di lansir dari  Lampost.co, Minggu, 12 Januari 2020 malam, mengatakan tahapan perekrutan PPK itu tidak luput dari pengawasan mereka.

“Dalam tahapan Pilkada 2020, Bawaslu akan mengawasi seluruh tahapan secara melekat termasuk proses rekrutmen PPK. Untuk itu, kami akan membuka ruang publik untuk turut dalam melakukan pengawasan dalam penyeleksian PPK agar prosesnya transparan dan KPU mendapatkan PPK yang berkualitas dan berintegritas,” ujarnya.

Menurut Iwan, pihaknya menekankan dalam pembentukan badan penyelenggara adhoc itu menghasilkan berkualitas dan tidak bermasalah. Bawaslu berharap PPK yang terpilih benar-benar memiliki integritas dan netralitas serta tidak terlibat dalam Partai Politik.

“Kami berharap peran pengawasan Bawaslu dalam proses rekrutmen PPK bisa berdampak positif terhadap proses dan hasil pelaksanaan Pilkada. Artinya, kriteria tersebut sangat penting terhadap kinerja para PPK saat bertugas melaksanakan pemilihan di wilayah kecamatan nantinya,” kata dia.

Sementara itu, menurut Ketua Bawaslu Lamsel, Hendra Fauzi untuk mengoptimalkan hasil pengawasan, pihaknya akan melibatkan Panwas Kecamatan se-Kabupaten Lamsel. Kemudian, pihaknya akan meminta kepada masyarakat ikut terlibat aktif pada seluruh tahapan pilkada, termasuk pada rekrutmen PPK yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Apabila ada yang tidak puas atas proses dan hasil seleksi PPK nantinya. Atau ada temuan terhadap track record Calon PPK dan terdapat dugaan pelanggaran didalamnya, bisa sampaikan laporan ke Bawaslu Lamsel atau silahkan menyampaikan pengaduannya ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) bila dianggap perlu,” imbuhnya.

Selain itu, Hendra juga berharap kepada seluruh Panwascam di Lamsel agar melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dalam menjaga integritas dan profesionalitas. “Kami minta seluruh jajaran Pengwas dapag bekerja profesional ketika menjalankan tugasnya dalam mengawasai Pilkada Serentak 2020,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *